Gantikan Puan, Menko Darmin Sebut Tugas Tak Makin Berat

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 23:02 WIB
Gantikan Puan, Menko Darmin Sebut Tugas Tak Makin Berat Menko Perekonomian Darmin Nasution. (CNN Indonesia/Daniela Dinda).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku bahwa pekerjaannya tidak akan bertambah berat setelah ditunjuk sebagai pelaksana tugas (plt) Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menggantikan Puan Maharani.

Puan Maharani mengundurkan diri sebagai Menko PMK karena didapuk menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024.

Darmin beralasan, jabatan pelaksana tugas ini hanya akan diduduki selama kurang dari sebulan, sehingga harusnya ia hanya meneruskan tugas-tugas Puan yang sebelumnya sudah berjalan.


"(Masalah kerjaan) itu normal saja. Ini cuma berapa minggu, kami akan kerjakan dengan baik," jelas Darmin ditemui di kantornya, Selasa (1/10).
Lebih lanjut ia menuturkan, kinerja yang dilakukannya adalah hal normal di dalam pemerintahan. Ketika seseorang meninggalkan posisi di pemerintahan, tentu harus ada orang lain yang harus mengisi posisi tersebut.

"Jadi memang harus ada pelaksana tugas, dan ini pun karena Menko PMK sebelumnya di DPR. Jadi memang harus begitu," papar dia.

Pada Selasa (1/10) malam, rapat paripurna DPR RI memutuskan mantan Menko PMK Puan Maharani sebagai Ketua DPR. Puan dicalonkan oleh PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019 sekaligus mayoritas pemegang kursi di parlemen.

Puan didampingi empat wakil ketua yakni Azis Syamsuddin dari Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, Rachmat Gobel dari Nasdem, dan Muhaimin Iskandar dari PKB.

[Gambas:Video CNN] (glh/lav)