Kepergian Pepsi Bikin Pelanggan Setia Kecewa

CNN Indonesia | Jumat, 04/10/2019 19:16 WIB
Kepergian Pepsi Bikin Pelanggan Setia Kecewa Ilustrasi gelas berlogo Pepsi. (CNN Indonesia/Aria Ananda).
Jakarta, CNN Indonesia -- Produsen minuman berkarbonasi Pepsi memutuskan untuk hengkang dan tidak lagi memproduksi serta menjual produknya di Indonesia. Keputusan tersebut memicu berbagai reaksi dari  konsumen, beberapa di antaranya merasa kecewa.

Kekecewaan salah satunya diungkapkan oleh Aulia Manurung, seorang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Aulia mengaku sangat kecewa atas hilangnya Pepsi di Indonesia. Pasalnya, Ia menyebutkan bahwa dirinya lebih menyukai Pepsi dibandingkan minuman karbonasi lain. Menurutnya, rasa Pepsi terasa sedikit lebih berbeda dari segi kemanisan dibanding minuman berkarbonasi lain.

"Iya, berasa agak beda. Aku sih kecewa ya, soalnya lebih suka Pepsi sih, lebih enggak manis soalnya," kata Aulia kepada CNNIndonesia.com di restoran cepat saji KFC, Jakarta Pusat, Jumat (4/10).


Selain Aulia, Andresta Febrianto yang kesehariannya bekerja sebagai pengendara mobil ojek daring pun juga merasa kecewa atas hengkangnya kompetitor Coca-cola tersebut.

"Iya (terasa berbeda). Saya agak sedih aja sih, soalnya dari dulu kalau ada Pepsi, lebih milih Pepsi. Enggak tahu kaya ada yang beda aja gitu," ujarnya.

Memiliki pendapat berbeda, Lilian Gianti yang merupakan seorang pegawai swasta mengaku tidak terlalu merasakan perbedaan signifikan atas hilangnya Pepsi.

Menurut Lilian, rasa serta kualitas dari minuman berkarbonasi yang disediakan tidak memiliki perbedaan walaupun sudah diubah.

"Saya gak ada pengaruh sih. Gak ada bedanya juga dari segi rasa, rasanya sama aja," ujar Lilian.


KFC Beralih ke Coca-cola
Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di salah satu restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) di Jakarta Pusat, posisi Pepsi sebagai minuman utama di restoran itu telah digantikan dengan salah satu kompetitornya, yakni Coca-Cola.

Salah satu karyawan resoran cepat saji itu mengaku perubahan kerja sama minuman berkarbonasi itu sudah terjadi sejak seminggu lalu.

"Pepsi sudah nggak ada sekitar seminggu yang lalu, digantinya sama Coca-Cola," ucap pegawai yang enggan disebutkan namanya.

Hal tersebut dapat dilihat dari mesin minuman karbonasi yang kini sudah memiliki logo Coca-Cola yang sebelumnya memasang logo Pepsi di KFC.

Kendati demikian, KFC terpantau masih menyediakan gelas yang memiliki logo Pepsi. Selain itu, terpampang juga logo Pepsi di gambar-gambar minuman karbonasi yang disediakan dalam menu KFC.

Lebih lanjut, salah satu pegawai gerai setempat memastikan harga minuman berkarbonasi di KFC tidak mengalami perubahan meski sudah berganti merek.

"Harganya sih sama aja, enggak ada perubahan, walaupun sudah diganti sama Coca-Cola," katanya.

Sebagai informasi, Juru Bicara PepsiCo Head of Sales and Marketing PepsiCo Indonesia Andina Mutya mengatakan hengkangnya Pepsi seiring berakhirnya kontrak dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM), entitas anak dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
[Gambas:Video CNN]
Dalam hal ini, per 10 Oktober 2019, AIBM tidak lagi memproduksi, menjual, dan mendistribusikan minuman untuk PepsiCo.

"AIBM dan PepsiCo Inc (PepsiCo) telah sepakat untuk mengakhiri kontrak pembotolan antara kedua perusahaan," katanya kepada CNNIndonesia.com melalui surat elektronik.
(ara/sfr)