Pegadaian Tawarkan Investasi Emas Secara Kolektif

Advertorial, CNN Indonesia | Selasa, 08/10/2019 00:00 WIB
Pegadaian Tawarkan Investasi Emas Secara Kolektif Foto: Shutterstock
Jakarta, CNN Indonesia -- Sampai saat ini, emas selalu menjadi primadona masyarakat sebagai barang yang bisa diandalkan sebagai tabungan ataupun investasi jangka panjang. Sebab, emas mudah didapat maupun dijual kembali atau digadaikan secara tiba-tiba. Dan yang paling penting, emas tahan terhadap inflasi.

Namun, biasanya investasi emas selalu dilakukan perorangan. Padahal kini banyak layanan menabung atau investasi emas yang juga dapat dilakukan bersama-sama. Hal ini sangat cocok dengan generasi saat ini dan milenial yang gemar membentuk komunitas atau ibu-ibu yang sering berkumpul dalam arisan.

Kelompok masyarakat ini tak hanya menabung atau investasi emas untuk masa depan secara bersama-sama. Namun, juga maju secara pasti dan saling membantu bersama-sama sesuai karakter masyarakat Indonesia yang senang bergotong royong.


Untuk memudahkan hal tersebut, PT Pegadaian (Persero) punya dua program layanan yang dapat dipilih masyarakat yang ingin menabung atau berinvestasi emas secara bersama-sama. Pertama adalah Emas Mulia Arisan dan yang kedua adalah Emas Mulia Kolektif. Berikut penjelasannya.

Emas Mulia Arisan

Ibu-ibu yang gemar arisan atau bapak-bapak yang punya komunitas bisa memilih program Emas Mulia Arisan. Layaknya arisan, setiap bulan anggota arisan atau nasabah yang namanya keluar, nantinya bisa mendapatkan 1 keping emas yang bersertifikan LBMA/SNI.

Cara mengikuti program ini mudah. Anda hanya perlu membentuk kelompok arisan minimal enam orang. Lalu setiap orang harus membayar uang muka 10% atau 15% dari emas yang diinginkan mulai dari 0,5 gram hingga 1 kilogram.

Menariknya, emas batangan ini tidak dipengaruhi fluktuasi harga emas karena harganya sudah ditetapkan sejak awal arisan. Sementara pilihan waktu pembiayaan program ini bisa hingga 36 bulan sesuai jumlah anggota arisan dan dilakukan di lebih dari 4.245 outlet Pegadaian di seluruh Indonesia.

Selanjutnya setiap orang hanya membayar angsuran per bulannya yang bisa dilakukan melalui tiga cara. Secara online atau lewat outlet Pegadaian atau melalui aplikasi Pegadaian Digital, ATM, internet banking, serta mobile banking.

Emas Mulia Kolektif

Program Emas Mulia Kolektif adalah layanan investasi emas batangan secara angsuran untuk komunitas dengan proses yang cepat dan mudah. Program ini hampir sama dengan Emas Mulia Arisan baik syarat maupun pelaksanaanya.

Bedanya, akad pembiayaan ditandatangani setiap anggota dalam kelompok yang minimal terdapat enam orang. Setiap anggota yang juga menjadi nasabah bisa menentukan sendiri pilihan keping emas sejak awal.

Selain itu, setiap orang bisa mendapatkan emas setelah pembiayaan masing-masing anggota lunas. Adapun untuk pembayaran uang muka mulai dari 10% hingga 90% dari ketetapan emas yang diinginkan mulai dari 0,5 gram hingga 1 kilogram.

Selanjutnya nasabah hanya perlu membayar angsuran per bulannya. Program ini sangat cocok untuk komunitas yang membutuhkan emas batangan dengan skema pembayaran angsuran setiap bulan.

Pilihan kembali ke masyarakat. Hal yang paling penting, baik Emas Mulia Arisan atau pun Kolektif bisa jadi pilihan bagi mereka untuk menabung atau berinvestasi emas secara bersama-sama. Masyarakat juga tidak perlu khawatir karena produk pembiayaan emas di Pegadaian telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Apalagi sekarang transaksi di Pegadaian bisa mendapat kesempatan memenangkan berbagai hadiah melalui program Badai Emas Pegadaian. Program ini dimulai sejak tanggal 15 Agustus hingga 8 Desember 2019. Ada saldo Tabungan Emas Pegadaian sebesar 1,945 gram untuk 370 pemenang yang diundi setiap minggunya. Selain itu, di akhir periode, akan diundi dua unit mobil dan satu unit rumah senilai 1,25 miliar. Yuk, ikutan! (adv/adv)