IHSG Diramal Menguat Jelang Perundingan Dagang AS-China

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 08:15 WIB
IHSG Diramal Menguat Jelang Perundingan Dagang AS-China Ilustrasi IHSG. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bergerak balik arah (rebound) menguat terbatas pada perdagangan Kamis (9/10). Pasar menantikan perundingan dagang antara AS-China.

Rencananya, Wakil Perdana Menteri China Liu He dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer didampingi Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan bertemu pada Kamis (10/10) dan Jumat (11/10) di Washington, AS.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan sentimen global itu akan membayangi laju indeks. Akibatnya, IHSG diprediksi hanya mampu menguat terbatas.


"Pemerintah China mengisyaratkan tidak akan mengikuti kemauan AS dalam negosiasi dagang," kata Dennies dalam risetnya dikutip, Kamis (9/10).
Mengutip AFP, Departemen Perdagangan AS memasukkan 28 perusahaan China ke dalam daftar hitam pada Selasa (8/10). Mereka menduga perusahaan tersebut terlibat pelanggaran hak warga Uighur dan minoritas Muslim lainnya di wilayah Xinjiang.

Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross menyatakan melarang perusahaan tersebut membeli produk-produk AS. Dia mengatakan bahwa AS tidak bisa dan tidak akan mentolerir penindasan brutal terhadap etnis minoritas di China.

Di sisi lain, Pemerintah China mengaku akan mengambil langkah tegas untuk menentang kebijakan AS itu. Sayangnya, ketegangan itu muncul jelang perundingan dagang dua negara, sehingga pasar khawatir perseteruan itu bakal mempengaruhi negosiasi.

Ia memprediksi IHSG akan bergerak di rentang 6.000-6.015 dan resistance 6.046-6.062. Di tengah penguatan itu ia merekomendasikan beli saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Medco Energi International Tbk.
Senada, Analis Reliance Sekretaris Lanjar Nafi memperkirakan IHSG hanya mampu menguat terbatas.

"Kami perkirakan IHSG akan bergerak menguat dengan support 6.020 dan resistance 6.142," katanya.

Ia bilang investor melihat tantangan pada perundingan antara dua negara ekonomi terbesar itu. Pembicaraan itu dijadwalkan ketika hubungan dua negara tengah memburuk.

IHSG terpantau melemah pada penutupan perdagangan Rabu (9/10). Indeks ditutup di level 6.029 turun 10,44 poin atau 0,17 persen.

Sementara itu, saham-saham utama Wall Street bergerak naik. Dow Jones naik 0,7 persen menjadi 26.346, S&P 500 naik 0,91 persen ke 2.919, dan Nasdaq Composite naik 1,02 persen menjadj 7.903.
[Gambas:Video CNN] (ulf/lav)