Bos Baru Danamon Beberkan Strategi Bisnis ke Depan

CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 10:48 WIB
Bos Baru Danamon Beberkan Strategi Bisnis ke Depan Aktivitas di Bank Danamon. (Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama PT Bank Danamon Tbk Yasushi Itagaki membeberkan strategi bisnis perusahaan ke depan. Perusahaan akan memaksimalkan potensi di segmen korporasi besar dan konsumen domestik melalui sinergi dengan Mitsubishi UFJ Financial (MUFG) Bank Ltd.

Sebagai informasi, MUFG Group Inc yang berbasis di Jepang telah mengakuisisi 73,8 persen saham Bank Danamon sehingga menjadi pemegang saham mayoritas.

Yasushi baru ditunjuk sebagai pucuk pimpinan Bank Danamon melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada Selasa (1/10) silam. Ia menggantikan Sng Seow Wah yang memasuki masa pensiun.


"Kunci dari pertumbuhan kami ke depan adalah meningkatkan leverage dari kolaborasi dengan MUFG," katanya, Kamis (10/10).
Sebagai lembaga jasa keuangan internasional, lanjutnya, MUFG Bank telah memiliki basis konsumen korporasi besar, baik yang berasal dari Jepang maupun non Jepang. Namun MUFG Bank mempunyai keterbatasan untuk menjangkau konsumen di Indonesia. Sebaliknya, Bank Danamon memiliki jaringan kuat di dalam negeri.

Dengan demikian, sinergi dari keduanya diharapkan dapat mengembangkan bisnis dua perusahaan. Sinergi itu, juga diperkuat dengan penggabungan usaha (merger) operasional Bank Danamon dengan PT Bank Nusantara Parahyangan (BNP). Untuk diketahui, MUFG Group juga menjadi pemegang saham mayoritas BNP sebanyak 67,59 persen.

Ia bilang MUFG Bank juga akan meningkatkan potensi bisnis dari anak usaha Bank Danamon, salah satunya PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor.

"Jadi kami ingin mencoba untuk capture seluruh proses bisnis ini," imbuhnya.
Dalam kesempatan yang sama, Managing Director, Head of Global Corporate & Institutional Banking for Indonesia dari MUFG Bank Pancaran Affendi mengatakan MUFG Bank memiliki keterbatasan jaringan di Indonesia. Setelah 15 tahun beroperasi di Indonesia, kantor cabang MUFG Bank hanya terdapat di Jakarta dan Surabaya.

Dengan keterbatasan itu, ia menyebut MUFG Bank tidak bisa memaksimalkan potensi dari nasabahnya.

"Ini potensi bisnis yang besar untuk mendukung value chain customer kami, karena Danamon adalah bank nasional dengan jaringan yang luas," katanya.

Selain fokus kepada bisnis korporasi, ia menuturkan MUFG Bank juga telah ikut serta pada beberapa proyek infrastruktur. Beberapa proyek yang telah mendapatkan pendanaan dari MUFG Bank antara lain Tol Balikpapan-Samarinda, LRT Palembang, dan LRT Jabodebek.
[Gambas:Video CNN] (ulf/lav)