Jokowi Nominasikan Mendag SBY Jadi Pejabat Bank Dunia

CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 18:28 WIB
Jokowi Nominasikan Mendag SBY Jadi Pejabat Bank Dunia Mari Elka Pangestu. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan pemerintah telah mengajukan Mari Elka Pangestu untuk menjadi perwakilan di Bank Dunia (World Bank). Pemerintah berharap Menteri Perdagangan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  itu bisa menempati posisi atas.

"Pemerintah calonkan Ibu Mari Elka Pangestu untuk menjadi wakil di World Bank," ungkap Luhut, Jumat (11/10).

Menurut Luhut, permintaan itu sedang diproses di World Bank. Namun, belum ada jawaban pasti apakah usulan itu diterima atau tidak.


"Selama ini kami kurang agresif mencalonkan orang kami. Ini kami calonkan dan dia (Mari Elka) sangat berkualitas," ujar Luhut.

Ia mengklaim orang Indonesia jarang berada di jajaran atas World Bank. Mayoritas, kata Luhut, berada di jajaran eselon 2.

"Itu pun sangat terbatas (jumlah yang di eselon 2)," imbuh Luhut.

Jika World Bank tak kunjung memberikan jawaban, Luhut menyebut terbuka kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghubungi langsung pihak World Bank agar perwakilan dari Indonesia bisa duduk di jajaran atas.

"Ke depan Presiden (Jokowi) kalau perlu akan telepon sendiri ke organisasi agar mereka mempertimbangkan orang Indonesia masuk (ke World Bank)," pungkas Luhut.

CNNIndonesia.com sudah mencoba menghubungi Mari melalui Whatsapp dan telepon untuk meminta tanggapannya terkait pengajuan pemerintah tersebut. Hanya saja, ia belum merespons hingga berita ini diturunkan.

[Gambas:Video CNN]
(aud/agt)