LRT Jabodebek Resmi Naik Rel di Cibubur

CNN Indonesia | Minggu, 13/10/2019 16:57 WIB
LRT Jabodebek Resmi Naik Rel di Cibubur LRT diangkat ke Stasiun Harjamukti. (Foto: CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Light Rail Transit (LRT) Cawang-Cibubur memiliki teknologi yang lebih canggih dibandingkan MRT dan LRT Palembang.

kereta LRT resmi diangkat naik rel di Stasiun Harjamukti Cibubur, Minggu (13/10). 

Salah satu teknologi yang dimaksudnya yakni moving block. Dengan teknologi ini, LRT bisa berhenti dalam keadaan darurat sehingga nantinya bisa dijalankan tanpa ada masinis.


"Ini lebih canggih dari LRT Palembang karena tanpa masinis, mesinnya sudah ada di dalam juga. Jadi saya pikir Indonesia bisa," ucap Luhut.
Ia mengaku bangga dengan kehadiran rangkaian kereta LRT buatan dalam negeri. Seperti diketahui rangkaian kereta LRT merupakan buatan PT INKA dan PT LEN.

Bukan hanya dirinya, Luhut menyebut Presiden Joko Widodo pun bangga dengan pencapaian kali ini.

Luhut mengatakan telah menemui Jokowi dan melaporkan agenda pengangkatan rangkaian LRT di Stasiun LRT Harjamukti, Cibubur.

LRT Jabodebek Disebut Lebih Canggih dari MRT & LRT PalembangProses pengangkatan rangkaian kereta LRT di Harjamukti, Cibubur. (Foto: CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
"Saya lapor kepada beliau, 'Pak mungkin ada kurang sedikit (terkait LRT)' jawab beliau 'enggak apa apa kurang yang penting buatan Indonesia'," ujar Luhut meniru ucapan Jokowi.

Luhut bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beserta jajarannya menyaksikan aksi pengangkatan rangkaian kereta yang semula berada di pinggir jalan tol ke stasiun LRT.

(ctr/evn)