Jokowi Ingin Palapa Ring Sambungkan UMKM ke Pasar Dunia

CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 14:55 WIB
Jokowi Ingin Palapa Ring Sambungkan UMKM ke Pasar Dunia Jokowi ingin Palapa Ring bisa meningkatkan akses produk UMKM ke pasar global. (Agus Suparto/Fotografer Pribadi Jokowi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap peningkatan konektivitas melalui Palapa Ring dapat membantu pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ke pasar global.

"Kalau nanti ini bisa terkoneksikan, dari daerah disambungkan ke marketplace nasional, masuk lagi ke marketplace global. Keinginan kami itu," kata Jokowi saat meresmikan Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10).

Ia meminta konektivitas digital ini harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa. Selain itu, sambung ia, juga untuk menguatkan persatuan dan persaudaraan masyarakat di seluruh Indonesia.


Mantan gubernur DKI Jakarta ini juga mendorong agar konektivitas digital ini bisa memperkuat dan memperbaiki pendidikan, memfasilitasi lalu lintas ilmu pengetahuan yang menembus seluruh pelosok nusantara.

"Dan juga untuk memperkuat industri kita, bisa berkompetisi dan kompetitif," tuturnya.

Jokowi menyebut proyek Palapa Ring telah menghubungkan wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia. Meskipun demikian, ia menyebut pembangunan Palapa Ring paling berat berlangsung di wilayah Indonesia Timur.

"Ini lah kesulitan di Indonesia. Saya kira sangat berbeda sekali kalo kita bandingkan dengan negara negara di sekitar kita," ujarnya.

[Gambas:Video CNN] (fra/sfr)