Pemerintah Tunjuk Mckinsey Garap Rencana Induk Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Kamis, 17/10/2019 17:37 WIB
Pemerintah Tunjuk Mckinsey Garap Rencana Induk Ibu Kota Baru Ilustrasi pembangunan di ibu kota baru. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah telah menunjuk McKinsey & Company Indonesia menjadi konsultan yang mengerjakan pra- masterplan (rencana induk awal ) pembangunan ibu kota baru.

"(McKinsey) menyiapkan pra masterplan," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) sekaligus Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro, Kamis (17/10).

Ia mengatakan dalam mengerjakan proses tersebut, konsultan yang berbasis di New York, AS itu akan membentuk konsorsium. Ahli dari Indonesia direncanakan akan ikut serta menjadi bagian konsorsium tersebut.


"Tapi saya tidak tahu persis lamanya (pengerjaan pra masterplan)," katanya.

Sebelumnya, Bappenas menargetkan masterplan pembangunan ibu kota baru akan rampung pada akhir 2020. Sementara itu untuk konstruksi fisik, mereka menargetkan bisa selesai 2024 mendatang.

Pemerintah telah menetapkan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menjadi lokasi ibu kota baru. Bappenas memperkirakan pemindahan ibu kota tersebut  membutuhkan dana sebesar Rp466 triliun.

"2020 akhir mulai konstruksi, kami harapkan paling lambat 2024 proses pemindahan sudah dilakukan. Pemindahannya akan ada tahapannya, tentu nanti kami jelaskan perkembangan pembangunannya," ujar Bambang belum lama ini.

[Gambas:Video CNN] (ulf/agt)