China Klaim Perundingan Dagang dengan AS Alami Kemajuan Besar

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 12:07 WIB
China Klaim Perundingan Dagang dengan AS Alami Kemajuan Besar Ilustrasi perang dagang. (Istockphoto/Dilok Klaisataporn)
Jakarta, CNN Indonesia -- China menyatakan Beijing dan Washington telah membuat kemajuan penting dalam perundingan damai dagang yang dilakukan beberapa waktu lalu. Kemajuan dicapai dalam negosiasi dua negara yang berakhir 11 Oktober lalu.

Pemimpin negosiasi perdagangan Negeri Tirai Bambu yang juga wakil perdana menteri China Lie He menyatakan kemajuan tersebut salah satunya terjadi di bidang perdagangan.

Ia mengatakan China telah sepakat dan berjanji akan meningkatkan pembelian produk pertanian Amerika Serikat. Selain pembelian produk pertanian, ia juga mengatakan China juga sepakat terkait perlindungan kekayaan intelektual.

Tapi dia menolak berbicara lebih lanjut dan lengkap mengenai kesepakatan yang sudah dicapai tersebut.


"Poinnya, China dan AS telah membuat kemajuan penting dalam banyak aspek. Kesepakatan tersebut akan menjadi dasar dalam perundingan fase pertama. China ingin bekerja sama dengan AS untuk menyelesaikan semua masalah yang menjadi perhatian berdasar persamaan dan rasa saling menghormati," katanya seperti dikutip dari AFP, Sabtu (19/10).

Liu berharap ke depan perkembangan pembicaraan tersebut bisa semakin maju sehingga damai dagang antara AS dengan negaranya bisa segera dicapai. "Penghentian perang dagang akan menguntungkan China, AS dan seluruh dunia. Itulah yang diharapkan oleh para produsen dan konsumen," katanya.

[Gambas:Video CNN] (AFP/agt)