Skor Indeks Sistem Pensiun RI Turun Jadi 52,2 pada 2019

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 20:36 WIB
Skor Indeks Sistem Pensiun RI Turun Jadi 52,2 pada 2019 Ilustrasi kerja. (Bench Accounting via StockSnap).
Jakarta, CNN Indonesia -- Skor indeks sistem pensiun Indonesia tercatat menurun menjadi 52,2 pada 2019, dari semula 53,1 pada tahun lalu. Penurunan indeks terutama disebabkan meningkatnya usia harapan hidup yang mempengaruhi keberlanjutan sistem pensiun.

Hal itu terungkap dari laporan Melbourne Mercer Global Pension Index (MMGPI) 2019 yang dirilis di Indonesia pada Senin (21/10) hari ini.

Skor Indonesia berada dalam kategori Grade C dengan rentang angka antara 50-60. Artinya, sistem pensiun Indonesia memiliki beberapa fitur yang bagus, tetapi juga ada risiko yang perlu diatasi. Grade ini setara dengan beberapa negara maju seperti Italia, Spanyol, Polandia, dan Austria.


Secara rinci disebutkan, Italia memperoleh skor yang sama dengan Indonesia 52,2. Sedangkan Spanyol, Polandia dan Austria masing-masing memperoleh 54,7, 57,4 dan 53,9.
Selain itu, adapula negara berkembang yang setara dengan Indonesia seperti Brazil, Kolombia, Peru dan Arab Saudi dengan perolehan skor masing-masing 55,9, 58,4, 58,5 dan 57,1.

Retirement Business Leader Mercer Jovita Sadach menyampaikan penurunan skor Indonesia disebabkan oleh meningkatnya usia hidup yang justru menjadi pemicu turunnya angka pada indeks tersebut.

"Karena pada saat orang hidup lebih lama berarti dana nya harus disiapkan lebih panjang lagi," ujar Jovita pada Senin (21/10) di Jakarta.

Dirinya juga menambahkan perubahan politik juga menyebabkan perubahan-perubahan regulasi sehingga hal itu berpotensi menjadi faktor yang menyebabkan Indonesia mengalami penurunan indeks pensiun.
"Misalnya kita lihat BPJS sudah semakin baik dan kita harapkan akan menjadi lebih baik lagi. Dengan adanya perubahan politik bisa jadi itu menjadi mandek," ujarnya

Senada dengan Jovita, Presiden Direktur Mercer Indonesia Bill Johnston mengatakan ada beberapa pekerjaan rumah bagi Indonesia untuk memperbaiki sistem pensiunnya.

"Termasuk memberikan tunjangan minimum untuk penduduk lanjut usia ekonomi rendah, menaikkan iuran program pensiun, memperbaiki peraturan sistem pensiun swasta, memperbaiki komunikasi kepada anggota program pensiun dan menaikkan batas usia pensiun sesuai dengan peningkatan usia harapan hidup," jelas Johnston.

Melbourne Mercer Global Pension Index merupakan survei perbandingan sistem pensiun yang membandingkan 37 negara yang mencakup hingga 63 persen populasi di dunia.
[Gambas:Video CNN] (hns/lav)