PLN Gandeng Pebisnis Bangun Tempat Isi Daya Kendaraan Listrik

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 07:09 WIB
PLN Gandeng Pebisnis Bangun Tempat Isi Daya Kendaraan Listrik Ilustrasi. (CNN Indonesia/Daniela)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT PLN (Persero) menyatakan akan mendukung upaya pemerintah dalam menggenjot pengembangan kendaraan listrik di dalam negeri. Dukungan akan diberikan dengan menggenjot pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman mengatakan percepatan merupakan tindak lanjut penerbitan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Ia mengatakan PLN telah meneken kerja sama dengan 20 perusahaan swasta, BUMN dan kementerian untuk membangun SPKLU tersebut.


SPKLU tersebut dibangun di beberapa kota besar di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Medan, Yogyakarta, Surabaya, Banten dan Semarang.  SPKLU yang dibangun dari kerja sama tersebut akan diluncurkan di 10 titik bersamaan dengan peringatan Hari Listrik Nasional pada 27 Oktober 2019 mendatang.

"Kami sudah menyiapkan itu. Ke depan PLN juga tidak lupa menyiapkan yang akan dipasang di rumah- rumah," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/10).

Tidak hanya membangun SPKLU, ia mengatakan untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik yang dilakukan pemerintah, pihaknya juga telah memberikan insentif kepada konsumen. Insentif berbentuk diskon tarif listrik sebesar 30 persen bagi pemilik kendaraan listrik yang mengisi baterai pada pukul 22.00 sampai dengan 04.00.

Sementara itu Direktur Human Capital Management PT PLN Muhamad Ali meyakini era kendaraan listrik ke depan akan memberikan peluang bagi BUMN untuk meningkatkan konsumsi listrik masyarakat.

[Gambas:Video CNN] (antara/agt)