PUPR Sebut 762 Peserta Ikuti Sayembara Desain Ibu Kota Baru

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 07:02 WIB
PUPR Sebut 762 Peserta Ikuti Sayembara Desain Ibu Kota Baru Ilustrasi. (CNN Indonesia/Feri Agus Setiawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) periode 2014-2019 Basuki Hadimuljono menyatakan sebanyak 762 peserta telah mendaftar sayembara desain kawasan ibu kota baru. Pendaftaran peserta berlangsung pada 3-18 Oktober 2019 lalu.

Hal ini diungkap Basuki kepada awak media usai melaporkannya langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10). Kebetulan, ia juga menyambangi istana untuk menerima pinangan kepala negara menjadi menteri yang bakal mengurusi infrastruktur lagi.

"Beliau tadi menanyakan perkembangan ibu kota baru, saya sampaikan sekarang sedang survei di lapangan. Peserta sayembara ada 762 peserta," ungkap Basuki.


Menurut dia, realisasi jumlah peserta tersebut di luar ekspektasi pemerintah. Sebab, jumlahnya terlalu banyak, sehingga proses seleksi bakal dilakukan lebih ketat.

"Tapi ternyata ini bukan karena hadiah, tapi karena lebih keinginan, apresiasi, tidak mudah masuk 10 besar, itu saja sudah membanggakan," katanya.

Dengan jumlah peserta yang banyak, ia akan mengatur jadwal agar kepada negara bisa bertemu langsung dengan para peserta sayembara. Namun, ia belum mengungkap kapan sekiranya momentum itu akan dihelat.

"Nanti beliau akan bicara di depan para peserta," imbuhnya.

Berdasarkan situs resmi sayembaraikn.pu.go.id, sayembara itu terbuka bagi Warga Negara Indonesia (WNI) maupun non WNI dan dapat diwakili baik perseorangan atau kelompok.

Persyaratan umum dari sayembara tersebut antara lain peserta baik perseorangan maupun kelompok memiliki kompetensi/keahlian dalam bidang arsitektur, dan/atau perencanaan wilayah dan kota, dan/atau perancangan kota, serta memiliki minimal sertifikat keahlian (SKA) Madya arsitektur atau perencanaan kota yang berlaku.

Desain yang diajukan harus memenuhi tiga kriteria umum, yaitu mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial dan ekonomi dan mewujudkan kota yang cerdas, modern dan berstandar internasional.

Hadiah yang akan diperoleh setiap pemenang, yaitu Pemenang I Rp2 miliar, Pemenang II Rp1250 juta, Pemenang III Rp 1 miliar, Harapan I Rp500 juta, dan Harapan II Rp250 juta.

Pemenang akan ditetapkan pada 23 Desember 2019 dan pemberian hadiah akan diserahkan pada 27 Desember 2019.
[Gambas:Video CNN] (uli/sfr)