Usai Elek Yo Band, Basuki Bentuk 'Grup Baru' di Kabinet

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 06:49 WIB
Usai Elek Yo Band, Basuki Bentuk 'Grup Baru' di Kabinet Grup musik beranggotakan para menteri Kabinet Kerja, Elek Yo Band. (CNN Indonesia/Riva Dessthania Suastha).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku akan membentuk grup yang beranggotakan para menteri di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada Kabinet Kerja, Basuki memiliki grup musik yang beranggotakan tujuh orang menteri dan staf kepresidenan. Antara lain, Basuki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kemudian, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, dan Koordinator Staf Khusus Kepresidenan Teten Masduki. Grup itu bernama Elek Yo Band dan kerap 'manggung' di beberapa acara kenegaraan.

Namun, pergantian jajaran menteri di kabinet Jokowi membuat beberapa anggota Elek Yo Band terpental. Hanif Dhakiri dan Triawan tak lagi menjadi pembantu Kepala Negara.

Sementara itu, wajah-wajah baru datang. Hal inilah yang kemudian membuat Basuki berencana membuat kelompok pertemanan baru dengan beberapa menteri yang baru direkrut Jokowi.

Kendati begitu, tak seperti Elek Yo Band yang merupakan grup musik, kelompok menteri baru ini akan berorientasi kerja. Sebab, Jokowi baru saja memberi tugas pengembangan kawasan wisata kepada beberapa menteri.

Penugasan diberikan kepada Basuki dan Budi Karya. Lalu, kepada para menteri baru, yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

"Jadi saya kira lima orang ini akan solid untuk mendukung apa perintah Pak Presiden," ucap Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10).
[Gambas:Video CNN]
Lebih lanjut, agar rasa solid segera tercipta, maka mereka akan segera mengadakan pertemuan dalam rangka koordinasi. "Mudah-mudahan kalau tidak lusa atau minggu depan. Nanti kami akan brainstorming yang akan diutamakan," katanya.

Di sisi lain, Basuki memastikan ia tidak akan melupakan kebersamaan dengan para anggota Elek Yo Band ke depan. Sekalipun sudah ditinggal Hanif dan Triawan, namun ia melihat sebenarnya ada anggota kabinet baru yang bisa diprospek untuk bergabung dengan Elek Yo Band.

"Sekarang kan masih ada Retno, Sri Mulyani, Teten, saya, dan Budi Karya. Tapi ada Menko PMK (Muhadjir Effendy) belum dengar ya (suaranya), bagus beliau," tuturnya sembari terkekeh.


(uli/lav)