Jokowi Bakal Terbang ke Papua Tengok Kegiatan Usai Kerusuhan

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 16:46 WIB
Jokowi Bakal Terbang ke Papua Tengok Kegiatan Usai Kerusuhan Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Trans Papua. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan terbang ke Papua pada akhir pekan nanti untuk melihat kegiatan masyarakat dan pembangunan usai kerusuhan di Kota Wamena, Jayawijaya.

Salah satunya, lanjut Basuki, meninjau Jembatan Holtekamp atau Jembatan Merah di Jayapura.

"Ya, itu memang presiden yang ke sana. Ada (selain meninjau Jembatan Holtekamp), pasti melihat kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan setelah kerusuhan ada di Jayapura, Wamena, itu," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Kamis (24/10).

Namun, Basuki mengaku belum mengetahui jadwal pasti kunjungan Jokowi ketika berada di Bumi Cendrawasih tersebut. Yang pasti, ia memastikan ada rencana Jokowi memulai kunjungan kerja dari Jayapura atau Sorong, Papua Barat.

"Kemudian keliling, lalu ke Manokwari, lalu Jayapura. Lalu, diteruskan ke Ambon dan ke Palu. Jadi, mungkin sampai Selasa," katanya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian disebut langsung bertolak ke Papua pada hari pertamanya menjabat sebagai Mendagri. Ia akan berangkat ke Papua usai mengikuti sidang kabinet paripurna yang dipimpin Jokowi di Istana Kepresidenan.

Sekadar mengingatkan, Jokowi juga sebelumnya menyatakan akan terbang ke Papua. Namun, ia mengaku masih mengatur waktu. "Saya ini masih mengatur waktu untuk bisa segera ke Papua lagi. Mungkin, saya akan berusaha bulan ini ke sana, kalau meleset di Oktober," terang dia September lalu.
[Gambas:Video CNN]


(fra/bir)