Jokowi Restui Permintaan Erick Tohir soal Tiga Wamen BUMN

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 17:58 WIB
Jokowi Restui Permintaan Erick Tohir soal Tiga Wamen BUMN Presiden Joko Widodo bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi lampu hijau terhadap permintaan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk memiliki hingga tiga wakil menteri.

Kepala Negara menegaskan pihaknya sudah selesai menyeleksi para wakil menteri yang akan membantu beberapa kementerian.

Jokowi bahkan menyebutkan bahwa wakil-wakil menteri ada yang berasal dari kalangan politikus dan profesional. Hal terpenting, menurut dia, para wakil menteri harus memiliki kompetensi yang mendukung kerja para menteri.


"Soal Wamen (wakil menteri), sebetulnya sudah selesai. Wamen sudah selesai. Ada yang dari partai, ada dari profesional," sebut Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/10).
Dia berharap para wakil menteri bisa benar-benar membantu menteri terkait untuk merealisasikan target dan menyelesaikan persoalan di masing-masing kementerian.

"Saya berikan contoh, misalnya di BUMN, kalau memang menterinya membutuhkan wakil menteri sampai tiga, dan itu diperlukan ya gak apa-apa," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, saat ini terdapat sebanyak 140 lebih perusahaan pelat merah milik pemerintah dengan aset mencapai Rp8.400 triliun. Dengan demikian, menteri BUMN membutuhkan lebih banyak wakil menteri untuk membantunya melakukan pengawasan dan pengendalian ratusan BUMN tersebut.
[Gambas:Video CNN]
Jokowi mengaku sudah berpesan kepada Menteri BUMN Erick Thohir agar mengelola perusahaan negara dengan manajemen korporasi, tapi tetap berorientasi untuk kepentingan rakyat danbukan melulu meraih keuntungan.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menegaskan akan segera memfinalisasi nama-nama wakil menteri, kemudian mengumumkan dan melantiknya dalam waktu dekat. Kendati demikian, dia enggan menyebutkan jumlah wakil menteri yang akan dilantik.

"Akan segera dilantik secepatnya. Jumlahnya masih belum hitung. Nanti finalisasinya ini, kira kira malam ini," tegas Jokowi.
Sebelumnya, Erick Tohir mengaku telah mengajukan tiga sampai empat nama calon wakil menterinya ke Presiden Joko Widodo. Salah satu nama yang ia usulkan adalah Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Kartika Wirjoatmodjo.

Ia menolak menyebutkan nama calon yang ia ajukan kepada Jokowi. Ia hanya memastikan calon yang diajukan tidak ada yang berasal dari kalangan swasta.

Erick mengatakan lebih mengutamakan wakil menteri dari kalangan BUMN daripada unsur lain. Erick meminta kepada Presiden Jokowi untuk memberikan wakil menteri kepadanya. Ia meminta wakil menteri karena tanggung jawab menteri BUMN dinilai besar. (fra/lav)