Urus Perdagangan Internasional, Jerry Sambuaga jadi Wamen

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 10:36 WIB
Urus Perdagangan Internasional, Jerry Sambuaga jadi Wamen Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Jerry Sambuaga ditunjuk sebagai Wakil Menteri Perdagangan. Mantan anggota DPR di Komisi I dari fraksi Partai Golkar itu mengaku ditugaskan untuk fokus pada perdagangan dan perjanjian internasional di Kementerian Perdagangan, mendampingi Menteri Agus Suparmanto.

Pria kelahiran 2 Juli 1985 ini merupakan putera dari mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Pemukiman Indonesia pada era pemerintahan Presiden ke-3 BJ Habibie, Theo L. Sambuaga.

Usai berkiprah sebagai anggota DPR di periode 2014-2019, Jerry kembali mencalonkan diri sebagai calon legislatif dari Partai Golkar pada Pemilu 2019.

Perannya di Partai Golkar sendiri cukup kuat. Ia sempat mengemban sejumlah posisi, mulai dari Wakil Ketua Umum DPP AMPI, Wakil Sekjen DPP Golkar sampai menjadi Ketua Departemen Pemenangan Pemilu Wilayah Sulawesi Utara Gorontalo DPP Golkar.

Sebelum terjun ke politik praktis, Jerry sempat mengemban tugas menjadi Staf Ahli Ketua DPR RI pada 2008 hingga 2019, di mana ia menangani secara spesifik mengenai isu luar negeri.

Dengan latar belakang pendidikan gelar Doktor dari Ilmu Politik di Universitas Indonesia, Master of International Affairs in International Security Policy di Colombia University dan Bachelor of Arts in Politics di University of San Francisco, AS, Jerry kini tercatat sebagai pengajar di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam ranah profesional, Jerry memiliki sebuah perusahaan konsultasi, yakni The Zoom Strategist. Melalui perusahaan ini Jerry menawarkan jasa mengkaji kebijakan dan strategi dalam bidang politik.

Pada tahun 2005, Jerry juga sempat menjadi staf umum Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata (KIPS) pada Direktorat KIPS di Departemen Luar Negeri (Deplu) RI. Dalam posisi ini ia bertugas melakukan riset dan eksplorasi terkait isu terorisme, keamanan internasional dan isu mengenai pertahanan.

Jerry juga terlibat aktif sebagai staf politik pada divisi politik di Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk PBB, di mana tugasnya adalah terkait misi penjaga perdanaian dan resolusi konflik.

Pada 2007, Jerry terlibat dalam riset mengenai masalah konflik teritorial, pertahanan, keamanan, terorisme dan militer di wilayah Asia Tenggara bersama ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat ASEAN, Jakarta Selatan.
[Gambas:Video CNN]


(fey/bir)