Gagal di Pilgub Papua, Wempi Wetipo Jadi Wamen PUPR

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 10:50 WIB
Gagal di Pilgub Papua, Wempi Wetipo Jadi Wamen PUPR John Wempi Wetipo. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- John Wempi Wetipo mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendampingi Basuki Hadimuljono sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) periode 2019-2024.

"Beliau berpesan untuk mempercepat pembangunan di wilayah timur," ujar Wempi usai bertemu dengan Jokowi di Istana Negara pada Jumat (25/10).

Wempi sebelumnya menjabat sebagai Bupati Kabupaten Jayawijaya selama dua periode antara 2008 dan 2018. Pria kelahiran 15 September 1972 ini memiliki latar belakang seorang politisi


Ia meniti karir sebagai pegawai negeri pada 1996, secara perlahan karirnya mulai menanjak hingga ditunjuk sebagai Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Jayawijaya. Ia lalu berpartisipasi dalam pemilihan Bupati Jayawijaya pada 2008. Dalam pesta demokrasi itu, ia berhasil meraih suara rakyat.

Sebagai bupati, Wempi berhasil memprakarsai Festival Budaya Lembah Baliem. Ia juga menerima penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait manajemen keuangan di Kabupaten Jayawijaya. Atas prestasinya itu, ia kembali terpilih memimpin Kabupaten Jayawijaya pada 2013 dengan perolehan suara mutlak lebih dari 91 persen.

Pada 2018 lalu, ia sempat berpartisipasi dalam pemilihan gubernur Papua tetapi kalah dari petahana Lukas Enembe karena ia hanya mengantongi suara sebesar 32,5 persen.
[Gambas:Video CNN] (ulf/sfr)