Insiden Pipa Pertamina, Menhub Sebut Peta KCIC Tak Lengkap

CNN Indonesia | Minggu, 27/10/2019 00:28 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan seharusnya PT KCIC berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan lain terkait peta jaringan infrastruktur. Kebakaran pipa minyak Pertamina di dekat proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menduga kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina akibat pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung disebabkan peta jaringan pipa yang digunakan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tidak lengkap. Menurut Budi, seharusnya PT KCIC selaku kontraktor Kereta Cepat Jakarta-Bandung meminta peta jaringan infrastruktur yang lengkap kepada para pemangku kebijakan.

"Pemetaannya yang tidak komprehensif. Jadi kita minta kontraktor supaya minta kepada Pertamina, PLN, bahwa ada jalur infrastruktur. Itu akan dijadikan pola kerja yang akan KCIC lakukan," kata Budi kepada awak media di Gedung PUPR, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10).

Budi malah khawatir PT KCIC tidak memiliki peta jaringan infrastruktur tersebut. Padahal peta tersebut jadi acuan bagi KCIC untuk melakukan pekerjaan proyek kereta cepat.


Lebih lanjut, Budi mengatakan Kemenhub mendukung KCIC. Akan tetapi, Kemenhub tidak mengetahui soal koordinasi antara KCIC dengan Pertamina.

"Karena lead dari pembangunan itu tidak di saya, saya memang tidak mengikuti. Tapi bahwa KCIC kita support penuh. Kalau koordinasi antar lembaga itu, kami sebagai regulator tidak ikut serta," katanya.


Sebelumnya, Corporate Communication & Community Development Group Head, Dwimawan Heru mengatakan kebakaran hebat pipa bahan bakar Pertamina terjadi di lokasi pekerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi, Jawa Barat.

"Kebakaran diakibatkan adanya bored pile PT KCIC yang mengenai pipa bahan bakar Pertamina yang menghubungkan Bandung - Cilacap," kata Dwimawan melalui keterangan tertulis, Selasa (22/10).

PT KCIC mengatakan insiden kebakaran pipa PT Pertamina (Persero) terkait dengan proyek konstruksi elevated yang dikerjakan oleh kontraktor Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

(jnp/ayp)