Investor Desak Menteri BUMN Tunjuk Dirut PLN Definitif

CNN Indonesia | Senin, 28/10/2019 12:29 WIB
Investor Desak Menteri BUMN Tunjuk Dirut PLN Definitif Ilustrasi aktivitas kelistrikan. (Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Investor listrik yang tergabung dalam Asosiasi Produsen Listrik Swasta (APLSI) berharap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baru Erick Thohir segera menunjuk Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN definitif.

"Sudah cukup lama, PLN dipimpin oleh pelaksana tugas. Bila perlu yang muda agar out of the box," ujar Direktur Eksekutif APLSI Rizal Calvary Marimbo seperti dikutip dari Antara.

Rizal menilai PLN membutuhkan pucuk pimpinan yang tetap, karena banyak keputusan strategis perusahaan yang perlu segera diambil dan dipertanggungjawabkan.


"Kalau Plt (pelaksana tugas) kan terbatas (kewenangannya). Tidak bisa mengambil kebijakan apalagi keputusan strategis. Sejak pertengahan tahun, sudah tiga pejabat Plt yang ditunjuk yakni Muhamad Ali, Djoko R Abumanan, dan terakhir Sripeni Inten Cahyani," ujar Rizal.

Menurut dia, Kabinet Indonesia Maju saat ini perlu membangkitkan optimisme investor di sektor energi, serta mulai menerjemahkan visi Presiden Jokowi untuk menggairahkan investasi.

"Kita serahkan ke pak menteri saja. Siapa saja kita siap bermitra dan membantu," ujarnya.

Dia juga meyakini Erick Thohir daoat memperbaiki iklim investasi di industri kelistrikan, terutama mensinergikan dunia usaha dan BUMN.

"Beliau (Erick Thohir) pernah jadi investor dan berasal dari sektor swasta. Tentu paham bagaimana melakukan pemeliharaan agar BUMN kelistrikan mampu bersinergi dengan dunia usaha," ungkapnya.
[Gambas:Video CNN] (Antara/lav)