Erick Thohir Bagi-bagi Tugas ke Wamen BUMN

CNN Indonesia | Senin, 04/11/2019 09:01 WIB
Erick Thohir Bagi-bagi Tugas ke Wamen BUMN Menteri BUMN Erick Thohir. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Erick Thohir membagi-bagikan tugas wakil menteri untuk meningkatkan efektivitas kementeriannya. Wakil Menteri BUMN I, yang diemban Budi Gunadi Sadikin, akan membawahi sektor farmasi, jasa survei, energi, pertambangan, industri strategis, dan media.

Sementara, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo akan membawahi sektor industri agro, kawasan, logistik, pariwisata, jasa keuangan, konstruksi, jasa konsultan, sarana dan prasarana perhubungan.

Menurut Erick, pembagian tugas dalam rangka meningkatkan efektivitas pelaksanaan fungsi pengendalian dan pemantauan pelaksanaan tugas, serta fungsi Kementerian BUMN, terutama terkait pembinaan.

Ia mengatakan pembagian sektor BUMN yang dibina oleh masing-masing wamen ditetapkan melalui Keputusan Menteri BUMN SK-263/MBU/10/2019 tentang Pembagian BUMN yang Dikoordinasikan Wamen BUMN.

Sebagaimana disampaikan Presiden Joko Widodo, saat pelantikan wamen 25 Oktober lalu, masing-masing wamen mendapatkan penugasan khusus dari presiden untuk memperkuat kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju. Dengan demikian, perubahan bisa segera dirasakan.

Presiden Jokowi sempat meminta dua wamen BUMN ikut berperan serta mendorong BUMN menjadi perusahaan kelas dunia. "Ada dua wamen BUMN dan keduanya berasal dari Bank Mandiri. Mereka bankir. Saya harapkan akan ada sebuah lompatan besar, baik dalam valuasi, aset yang ada," tutur dia.

Jokowi juga meminta wamen BUMN untuk mencari mitra yang baik, sehingga BUMN RI dapat menjadi korporasi yang memiliki reputasi baik di dunia.
[Gambas:Video CNN]


(Antara/bir)