Kisruh Lagi, Sriwijaya Pulangkan 11 Karyawan Garuda Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 13:57 WIB
Kisruh Lagi, Sriwijaya Pulangkan 11 Karyawan Garuda Indonesia Ilustrasi. (AFP/Adek Berry).
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajemen Sriwijaya Air Group memutuskan untuk mengembalikan 11 karyawan Garuda Indonesia Group yang ditempatkan dan diperbantukan ke mereka. Tak hanya itu mereka juga mengembalikan vice president (VP) dan senior manager (SM) yang berasal dari Garuda Indonesia Group terhitung sejak Kamis (7/11) kemarin.

Pengembalian tersebut terungkap dari surat perseroan yang ditujukan kepada Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara dan Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra. Surat ini bernomor 018/EXT/DH/SJ/XI/2019.

Dalam surat tersebut disebutkan, pengembalian karyawan lantaran berakhirnya masa transisi terkait kerja sama antara Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air Group pada 31 Oktober 2019. Keputusan tersebut telah mendapatkan pertimbangan dari pemegang saham dan Dewan Komisaris Sriwijaya Air Group.


Ketika dikonfirmasi,  Direktur Utama PT Sriwijaya Air Jefferson Irwin Jauwena tak menampik informasi tersebut.

"Kalau ada pengembalian iya. Saya tidak hafal berapa karyawan. Saya belum lihat suratnya nanti saya lihat dulu saya cek," ucapnya singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (8/11).

Sebagai informasi, Garuda Indonesia- Sriwijaya Air tengah berkonflik terkait Kerja Sama Manajemen (KSM). Konflik kerja sama tak hanya terjadi  kali ini saja. Sebelumnya, kisruh kerja sama manajemen kedua grup maskapai penerbangan nasional itu mengemuka saat pemegang saham Sriwijaya Air resmi mencopot Joseph Adrian Saul sebagai direktur utama perusahaan melalui rapat dewan komisaris dan direksi pada Senin (9/9) lalu.

Atas kisruh itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan meminta kerja sama Garuda Indonesia dan Sriwijaya diperpanjang selama tiga bulan guna melakukan evaluasi. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akan turun tangan melakukan audit pada KSM Garuda Indonesia dan Sriwijaya.

Berikut adalah 11 karyawan yang dikembalikan kepada Garuda Indonesia Group:

[Gambas:Video CNN]
VP Revenue Management Risal Akbar
VP Network Lilik Yulianto Nugroho
VP Engineering, Quality, and Technical Service Sukarya Sastrodinoyo
VP Distribution Channel, Digital Business, and Cargo Ferdian
SM Cargo Agus Dewanta
VP Service Planning and Delivery Dodhi Jatmika Adhi
VP IT Setyo Adi Raharjo
VP Marketing and Loyalty Amalia Vesta Widaranti
PMO Centralized Flight Dispatch Tras Budiantoro
SM Cabin Service, Standard and Development Dewi Handayani
Advisor di Direktorat Keuangan Elisabeth Enny K

(ulf/agt)