Cerita Jokowi yang Hobi Telepon Menteri Hingga Dini Hari

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 16:42 WIB
Cerita Jokowi yang Hobi Telepon Menteri Hingga Dini Hari Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kerap "mengganggu" menteri hingga pukul 02.30 WIB dini hari. "Gangguan" itu berupa telepon jika memang ada urusan darurat.

Maklum, sebagai kepala negara ia seringkali membuka beberapa catatan pada malam hari. Kalau ada yang tak beres, Jokowi pun tak segan-segan menghubungi "pembantunya" di kabinet kerja.

"Jam malam kalau telepon tidak pasti, bisa jam 22.00 WIB, 01.30 WIB, dan 02.30 WIB," ungkap Jokowi, Kamis (14/11).


Kalau menteri yang ia telepon tak mengangkat, maka Jokowi akan meminta bantuan ajudannya untuk menghubungi ajudan menteri tersebut. Kebiasaan ini dianggapnya sebagai hal yang wajar.

"Kalau tidak bangun ya suruh bangunin ajudannya. Ya (menteri) memang harus diganggu," katanya.

Kegiatan membuka catatan pada malam hari ini pun membuat Jokowi hanya memiliki sedikit waktu untuk tidur. Sebagai gantinya, ia akan beristirahat ketika dalam perjalanan dinas.

"Saya sering tidur di mobil dari Jakarta ke Bogor. Di pesawat saya tidur 30 menit. Di helikopter saya tidur 30menit. Kalau malamnya memang lebih sedikit," terang Jokowi.

Ia tak menampik seringkali pusing dengan jabatannya sebagai kepala negara. Namun, Jokowi mengaku tetap berusaha menikmati posisinya saat ini.

"(Memang enak jadi presiden?) Enak. Enak pusingnya," candanya.
[Gambas:Video CNN]
(aud/sfr)