Perusahaan Baja China Akan Tanam Investasi Rp37 T di Tarakan

CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 12:10 WIB
Perusahaan Baja China Akan Tanam Investasi Rp37 T di Tarakan Ilustrasi besi baja. (CNNIndonesiaAdhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan baja dari China, Sinosteel Corporation berencana menanamkan investasi mereka di Tarakan, Kalimantan Utara. Investasi akan ditanamkan dalam bentuk pembangunan pabrik baja.

Wali Kota Tarakan, Khairul mengatakan nilai investasi yang akan ditanamkan perusahaan tersebut mencapai US$2,7 miliar (Kurs Rp14.054 per dolar AS).  Investasi rencananya akan dilakukan di lahan seluas 1.000 hektare di wilayah Tarakan Timur.

Wilayah tersebut dipilih karena kedalaman lautnya cukup baik. Selain itu, wilayah tersebut juga dipilih karena cocok dijadikan kawasan industri.


Ia yakin investasi yang dijalankan perusahaan tersebut di Tarakan nantinya akan menciptakan lapangan kerja yang cukup besar bagi masyarakat.

"Perusahaan baja ini memang sedang mencari tempat investasi di Indonesia dan sudah keliling juga, yang dianggap cocok ya di sini, makanya kami berkomitmen semua investor disiapkan 'karpet merah' dengan melayani mereka dengan baik, karena bagian dari meningkatkan pertumbuhan ekonomi," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/11).

Sementara itu perwakilan Sinosteel Corporation yang berkedudukan di Beijing mengaku senang dengan dukungan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Tarakan.

"Kami mendapat support dari pemerintah daerahnya bagus sekali," kata Asisten Perwakilan Sinosteel Corporation Fransilia.

[Gambas:Video CNN] (agt/agt)