Stres Kerja? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Advertorial, CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 00:00 WIB
Stres Kerja? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ilustrasi Foto: dok. Pexels
Jakarta, CNN Indonesia -- Akhir tahun identik dengan pekerjaan yang semakin banyak. Selain banyak perusahaan yang melakukan 'tutup buku', biasanya proyek-proyek besar juga terjadi di akhir tahun. Pada saat itu, karyawan akan mempunyai beban kerja yang lebih banyak dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

Tak jarang dalam periode tersebut akan membuat karyawan stres dan depresi. Tapi tenang saja, untuk kamu yang berprofesi sebagi karyawan, kamu dapat melakukan lima hal ini untuk menghilangkan stres.

Ikut Kelas Yoga


Selain bentuk dari olahraga, yoga juga berfungsi sebagai obat yang ampuh dalam menghilangkan stres. Sebab, yoga memiliki teknik penghilang stres seperti pengaturan nafas, relaksasi dan penjernihan pikiran.

Dalam yoga, ada namanya meditasi yang akan membuat pikiran menjadi tenang. Untuk melakukan yoga, kamu tak perlu ikut kelas yang mahal, kok! Kamu bisa melakukannya dengan gratis, karena sudah banyak aplikasi dan tayangan di YouTube untuk memandu kamu melakukan yoga sendiri di rumah.

Tidur Lebih Banyak dan Teratur

Banyak pekerjaan memang menyulitkan kamu untuk mempunyai waktu tidur yang berkualitas dan teratur. Tapi penting bagi kamu untuk mulai mengatur jam tidur karena tidur yang tidak berkualitas akan berdampak terhadap mood dan produktivitas saat bekerja.

Orang yang kekurangan tidur cenderung menjadi kurang produktif di tempat kerja. Mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas, bereaksi lebih lambat dan membuat lebih banyak kesalahan.

Konsumsi Makanan Penghilang Stres

Apakah kamu tahu makanan dapat mempengaruhi tingkat stres seseorang? Mengonsumsi makanan yang tepat dapat berkontribusi untuk memberikan ketenangan kepada kita. Namun, ada juga yang justru membuat kita merasa lebih stres. Beberapa makanan yang dipercaya dapat meredakan stres seperti madu, cokelat, teh hijau, kelapa, dan pisang.

Memanjakan Diri

Memanjakan diri sudah pasti dapat membuat kamu lebih tenang dan rileks. Tak harus pergi ke salon atau tempat rekreasi, tapi dengan hanya sekadar berendam di air juga dapat memberi efek relaksasi bagi tubuh. Air dipercaya dapat menekan kadar hormon pemicu stres yang berasal dari otak manusia.

Namun, jika ingin melakukannya di salon, kamu juga bisa menggunakan PayLater Traveloka untuk melakukan perawatan dan sebagainya meskipun belum gajian. Alasan lain mengapa pergi ke salon atau tempat relaksasi lainnya sangat menenangkan yaitu karena aroma bunga lavender, bunga melati atau chamomile yang biasanya kita temukan di salon. Wangi tersebut mengandung aromaterapi agar stres semakin cepat hilang.

Pergi Liburan

Tak bisa dipungkiri, pasti banyak dari kamu yang berpikiran untuk liburan di tengah banyaknya pekerjaan. Selain deadline yang menghantui, perkara uang juga menjadi masalah utama untuk pergi liburan. Apalagi ketika kamu mengalami stres di pertengahan bulan, saat kamu belum gajian dan tidak punya bujet untuk liburan.

Tapi kamu jangan khawatir, Traveloka menyediakan fitur PayLater yang mengizinkan kamu untuk beli tiket online sekarang dan membayarnya di akhir bulan. Menarik bukan? Metode pembayaran Traveloka ini adalah salah satu bentuk cara bayar tiket melalui kredit online.

Jika kamu takut akan keamanan menggunakan PayLater Traveloka, tenang saja PayLater Traveloka sudah menjadi alat pembayaran yang aman karena sudah bekerja sama dengan Danamas untuk sistem pendanaannya. Jadi, semua transaksi yang dilakukan oleh Danamas saat meminjam dana ke nasabah dan pembelian produk Traveloka oleh nasabah peminjam akan tercatat juga di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menghilangkan stres tentu tidak mudah. Prosesnya akan semakin sulit jika orang-orang di sekitar kamu memberi tekanan. Tapi selagi ada solusi dan cara untuk menghilangkan stres tersebut kamu tidak perlu khawatir. Cukup lakukan lima hal tersebut, dijamin akan membuat berkurang, sehingga hidup kamu menjadi lebih bahagia. (adv/adv)