Kylie Jenner Jual Saham Perusahaan Kosmetik US$600 Juta

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Selasa, 19/11/2019 14:58 WIB
Kylie Jenner Jual Saham Perusahaan Kosmetik US$600 Juta Kylie Jenner, pemilik Kylie Cosmetics, akan melepas 51 persen sahamnya senilai US$600 juta ke Coty Inc. (Ethan Miller/Getty Images/AFP).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kylie Jenner menjual mayoritas saham perusahaan kosmetik miliknya, Kylie Cosmetics, seharga US$600 juta. Penjualan saham dilakukan ke Coty Inc, sebuah perusahaan kosmetik yang berbasis di New York yang juga memilki banyak merek internasional, termasuk CoverGirl.

Adik tiri Kim Kardashian itu akan melepas 51 persen sahamnya di Kylie Cosmetic, namun memutuskan untuk tetap memimpin brand Kylie Cosmetic. Kylie Cosmetics maupun manajemen Coty Inc berpendapat kemitraan keduanya akan membantu Kylie Cosmetics berkembang di global.

"Kemitraan ini memungkinkan saya dan tim saya untuk tetap fokus pada penciptaan dan pengembangan setiap produk sambil membangun merek menjadi lokomotif kecantikan internasional," ujar Jenner, seperti dilansir CNN.com, Selasa (19/11).

Menurut Jenner, pengembangan dan kreatif produk, termasuk upaya komunikasi akan terus menjadi bagiannya. Harap maklum, ia menjadi salah satu selebriti pengusaha yang mencatat paling banyak pengikut (followers). Di Instagram, ia diikuti 150 juta followers, dan 30 juta di Twitter.

Memang, Jenner cukup berpengaruh di industri kecantikan. Produknya laris manis, dan paras pencetusnya yang cantik mengantarnya menjadi idola. Selain itu, ia mewarisi trah saudari tiri Kardashian, yakni Kim, Kourtney, dan Khloe.

Karena bakat dan keberuntungannya itu, Jenner berhasil membukukan pendapatan US$166 juta pada tahun lalu dari penjualan Kylie Cosmetic.
Coty Inc menuturkan kesepakatan penjualan saham akan dirampungkan pada kuartal ketiga 2020 mendatang. Transaksi jual-beli saham Kylie Cosmetics sekaligus menjadi tonggak sejarah bagi perusahaan.

Namun, transaksi ini juga akan memaksa manajemen untuk mengambil langkah PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) bagi sejumlah karyawan, serta upaya merampingkan produk.

CEO Coty Inc Pierre Laubies bilang langkah menarik selanjutnya dalam transformasi bisnis perusahaan ialah memanfaatkan kekuatan inti di bisnis wewangian, kosmetik, dan perawatan kulit. "Ini akan memungkinkan merek Kylie Cosmetic mencapai potensi penuh mereka," ujarnya.

Sejak kesepakatan kedua perusahaan kosmetik berdengung, saham Coty Inc menguat 4 persen pada perdagangan di bursa saham, Senin (18/11) lalu. Secara tahun berjalan, sejak Januari 2019, saham Coty Inc meroket 90 persen.
[Gambas:Video CNN]


(bir)