Menhub Targetkan MRT Fase 2 HI-Ancol Rampung 2024

CNN Indonesia | Kamis, 21/11/2019 09:24 WIB
Menhub Targetkan MRT Fase 2 HI-Ancol Rampung 2024 Menhub Budi menargetkan MRT fase II rute Bundaran HI-Ancol rampung 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan (MenhubBudi Karya Sumadi menyatakan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) fase 2 rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)- Ancol ditargetkan rampung pada 2024. Pengerjaannya sendiri telah dilakukan sejak Desember 2018.

"Tahun depan kami mulai bangun rute HI-Ancol. Kami harapkan 2024-2025 sudah selesai," ujar Budi di kantor wakil presiden, Jakarta, Rabu (20/11).

Pembiayaan MRT fase 2 ini disebut membutuhkan biaya mencapai Rp30 triliun. Biaya tersebut naik sekitar Rp10 triliun dari total kebutuhan awal yang hanya Rp20 triliun seiring penambahan panjang jalur dari 8,4 kilometer (Km) menjadi 14,6 Km.


Sementara untuk pembangunan MRT fase 3 rute Balaraja-Cikarang ditargetkan rampung tahun 2026. Saat ini, kata Budi, pemerintah masih melakukan studi pembangunan MRT rute Balaraja-Cikarang.

Nantinya, pembangunan itu akan dilakukan Jepang dengan melibatkan kontraktor dari Indonesia. Sesuai pesan Presiden Joko Widodo, sambung dia, kontraktor dari Indonesia harus dilibatkan agar dapat mempelajari pembangunan MRT.

"Pesan pak presiden itu kontraktor Indonesia dilibatkan sehingga ada pembelajaran yang baik dan konten dalam negeri harus ditingkatkan sehingga mendukung program nasional yang bisa jadi potensi kita untuk produk ekspor," tuturnya.

Pengerjaan MRT fase 3 ini, lanjut Budi, diperkirakan akan bersamaan dengan pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya yang rampung 2026. Nantinya jika sudah selesai, Jakarta-Surabaya dapat ditempuh hanya dalam waktu 5,5 jam.

"Jadi dari Balaraja-Cikarang kira-kira selesai 2026. Sama seperti Jakarta-Surabaya karena banyak tanah yang harus dibebaskan, butuh waktu untuk menyelesaikan," ucap Budi.

Pemerintah telah membangun MRT fase 1 yang melayani rute Lebak Bulus-HI. Rute ini telah beroperasi sejak Maret 2019.

[Gambas:Video CNN]

(fra/sfr)