PayPal Akuisisi Situs Hadiah Belanja Honey US$4 Miliar

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Jumat, 22/11/2019 01:05 WIB
PayPal Akuisisi Situs Hadiah Belanja Honey US$4 Miliar Ilustrasi belanja online. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- PayPal sepakat untuk mengakuisisi, Honey, platform belanja yang menawarkan diskon atau hadiah kepada pembeli online. PayPal membeli Honey seharga US$4 miliar.

Langkah mengakuisisi Honey ditempuh PayPal di tengah persaingan yang semakin ketat dari perusahaan teknologi, seperti Apple, Google, dan Facebook yang menawarkan jasa pemrosesan pembayaran.

Dilansir CNN.com, Kamis (21/11), PayPal juga harus bersaing dengan jaringan kartu kredit raksasa, seperti Visa dan Mastercard yang memperluas bisnis mereka lewat pembayaran online.

Honey Science Corporation beroperasi sebagai add-on browser web dan aplikasi mobile menawarkan kode diskon kepada konsumen untuk berbelanja di 30 ribu peritel online.

Honey sendiri merupakan kompetitor situs, seperti RetailMeNot, yang mengumpulkan kode promo dan menggabungkannya untuk konsumen. Namun, Honey disebut-sebut memberikan potongan harga terbesar.

Selain hadiah belanja, situs diskon Honey menawarkan asisten belanja seluler, alat pelacak dan peringatan, informasi riwayat harga, dan program penawaran spesial.

Honey didirikan pada 2012 dan bermarkas di Los Angeles. Honey mencatat pengguna aktif bulanannya mencapai 17 juta. Banyak penggunanya merupakan usia muda.
[Gambas:Video CNN]
Sementara itu, PayPal yang juga memiliki Venmo, tercatat merangkul lebih dari 275 juta akun konsumen aktif dengan total akun pedagang sebanyak 24 juta. Pengguna Venmo juga banyak yang memiliki akun Honey.

Saat ini, akuisisi PayPal terhadap Honey masih membutuhkan persetujuan regulator, namun perusahaan berharap bisa merampungkan aksi korporasinya tersebut pada kuartal pertama tahun depan.

Setelah akuisisi diselesaikan, Honey akan mempertahankan kantor pusatnya di Los Angeles. Para pendirinya pun disebut akan terus memimpin tim Honey.


(bir)