Kejar Target, Konsumsi Ikan per Kapita Baru Capai 50,49 Kg

CNN Indonesia | Minggu, 24/11/2019 11:48 WIB
Konsumsi ikan per kapita pada 2019 belum mencapai target. Per Oktober, diketahui konsumsi ikan per kapita masih kurang 3,51 kg dari total 54 kg. Ilustrasi nelayan. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsumsi ikan per kapita pada 2019 belum mencapai target. Per Oktober, diketahui konsumsi ikan per kapita masih kurang 3,51 kg dari total 54 kg.

"Target makan ikan pada 2019 itu per kapitanya mencapai 54 kg, saat ini per Oktober baru 50,49 kg. Semoga target ini bisa tercapai," kata Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan KKP Agus Suherman di Monas, Jakarta, Minggu (24/11).

Agus mengaku target pemerintah tersebut dibuat untuk mendongkrak konsumsi ikan yang menurutnya sangat penting bagi masyarakat dalam menekan angka stunting nasional.


"Kita tahu, kita punya potensi perikanan yang luar biasa, kemudian dengan makan ikan, juga (terdapat) kandungan protein cukup bagus untuk gizi. Ini sangat penting bagi kita untuk mengatasi stunting," ucap Agus.

Kendati demikian, Agus mengatakan pemerintah masih berusaha menggerakkan upaya untuk mencapai target tersebut, salah satunya dengan pemberdayaan ikan kepada masyarakat. Ia pun mengatakan target konsumsi ikan akan semakin naik pada 2020.

"Untuk 2020 kita mengejar ke angka 56 kg per kapita," ungkapnya.

Menurut Agus, kendala dalam mencapai target konsumsi ikan bukanlah dari harga ataupun akses masyarakat dalam membeli ikan, namun dari sosialisasi masyarakat untuk mengetahui pentingnya memakan ikan.

"Memang harga ikan kan relatif tidak mahal, dan bisa di akses di masyarakat baik ikan air tawar laut. Pasar ikan juga kita hadirkan di tengah kota termasuk di muara baru misalnya," tuturnya.

Dalam mengejar target tersebut, Agus menjelaskan bahwa pemerintah akan menggalakkan berbagai program sosialisasi pentingnya konsumsi ikan terutama pada anak yang berumur belia.

Festival Perikanan Nusantara sendiri merupakan salah satu upaya tersebut. Dalam acara tersebut, Agus mengatakan pemerintah telah bekerja sama dengan seluruh himpunan pendidikan anak di bawah umur (Himpaudi) di Indonesia.

"Paud kan anak usia dini, jadi diharapkan sejak usia dini mereka sudah mengenal dan sudah tahu tentang pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kesehatan mereka, kecerdasan mereka, dan kekuatan mereka juga," imbuhnya.

[Gambas:Video CNN] (ara/age)