Zurich Resmi Genggam 80 Persen Saham Adira Insurance

CNN Indonesia | Jumat, 29/11/2019 13:32 WIB
Zurich Resmi Genggam 80 Persen Saham Adira Insurance Zurich Insurance Group resmi menggenggam 80 persen saham Adira Insurance, mengambil mayoritas kepemilikan Bank Danamon. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Zurich Insurance Group resmi menggenggam 80 persen saham PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Akuisisi Zurich tersebut membuat PT Bank Danamon Indonesia Tbk menjadi pemegang saham minoritas di Adira Insurance.

CEO Zurich Asia Pasific Jack Howell mengaku senang telah menjadikan Adira Insurance sebagai bagian dari Zurich Insurance Group. "Indonesia merupakan bagian penting dari strategi pertumbuhan kami di Asia Pasifik. Indonesia telah menjadi kontributor signifikan bagi grup Zurich," ujarnya, Jumat (29/11).

Kedua entitas bergabung menjadi satu untuk menggabungkan keunggulan masing-masing. Adira Insurance, Howell menyebut telah memiliki jaringan yang luas dengan pelanggan yang kuat akan melengkapi jejak global dan keahlian underwriting Zurich.

"Kami berada di posisi yang tepat untuk menawarkan produk dan layanan terbaik kepada pelanggaran ritel dan korporasi kami. Kami senang sekarang Asuransi Adira menjadi bagian dari keluarga Zurich," imbuh dia.

Country Manager Zurich Indonesia Chris Bendl menuturkan transaksi tersebut sejalan dengan strategi pertumbuhan perusahaan di Indonesia. "Sebagai perusahaan asuransi umum, kami ada dalam posisi tepat untuk memainkan peran aktif dalam pengembangan industri asuransi Indonesia," katanya.

Sekadar mengingatkan, Bank Danamon dan Zurich pertama kali menandatangani perjanjian penjualan dan penyertaan saham bersyarat (CSSA) untuk akuisisi Adira Insurance pada 27 September 2018 lalu.

Zurich menuntaskan akuisisi secara total 80 persen saham Adira Insurance dari Bank Danamon sebanyak 70 persen dan pemegang saham minoritas sebesar 10 persen.

Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki bilang perusahaan akan melanjutkan kerja sama dengan Adira Insurance karena masih tercatat menjadi pemegang saham minoritas. Kerja sama yang dimaksud, antara lain distribusi produk melalui jaringan Danamon Group.

"Kami yakin investasi dari Zurich akan memperkuat Adira Insurace dan memberi nilai tambah kepada para pemegang polis, serta pemangku kepentingan lainnya," katanya.
[Gambas:Video CNN]


(hns/bir)