Gandeng NGO, MIND ID Lakukan Aksi Charity di Beberapa Wilayah

MIND ID, CNN Indonesia | Jumat, 29/11/2019 15:02 WIB
Gandeng NGO, MIND ID Lakukan Aksi Charity di Beberapa Wilayah 5 anggota holding MIND ID menggandeng NGO untuk melakukan kegiatan charity atau amal. (Dok. MIND ID)
Jakarta, CNN Indonesia -- MIND ID Holding Industri Pertambangan melakukan aksi charity guna menciptakan hidup masyarakat yang lebih baik. Dalam kesempatan tersebut, MIND ID membangun water point atau penampungan air bersih untuk warga Desa Gelerwer, Kampung Karang Tengah, Sentul, Jawa Barat.

"Bekerja sama dengan NGO Habitat For Humanity, kegiatan tersebut diproyeksikan bisa memberikan akses air bersih kepada 100 rumah Desa Gelerwer supaya warga dapat memiliki kualitas sanitasi dan kebersihan yang lebih baik dengan air bersih," ujar MIND ID melalui keterangan tertulis, Jakarta, (29/11).

Tak hanya itu, anggota holding juga melakukan kegiatan amal di lokasi yang berbeda. PT Freeport Indonesia bersama Perpustakaan Hano Wene melakukan aksi memerangi buta aksara. Kegiatan yang dilakukan di Maybrat dan Kaimana, Papua Barat itu bertujuan untuk membuka akses baca tulis kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak usia SD dan SMP di Wamena dan Sarmi dengan membagikan 1.700 buku.


PT Freeport Indonesia bersama NGO Hano Wene membuka akses baca tulis kepada masyarakat. PT Freeport Indonesia bersama NGO Hano Wene membuka akses baca tulis kepada masyarakat. (Dok. PT Freeport)


Kemudian, PT Timah Tbk mengadakan kegiatan Bedah Rumah kepada keluarga yang membutuhkan. Program tersebut adalah yakni merenovasi hunian tidak layak menjadi rumah layak huni di kawasan Simpang Katis, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.
Gandeng NGO, MIND ID Lakukan Aksi Charity di Beberapa WilayahFoto: Dok. PT TIMAH

Lain halnya di Desa Tegal Rejo, Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim, Sumatera Selatan. Di kawasan tersebut, PT Bukit Asam menggelar seminar "Pola Hidup Sehat" dan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar perusahaan, bekerja sama dengan Rumah Sakit Bukit Asam Medika. Tujuan program itu untuk memberi edukasi pada masyarakat mengenai kesehatan dan pengobatan gratis.
Gandeng NGO, MIND ID Lakukan Aksi Charity di Beberapa Wilayah(Dok. PT Bukit Asam)

Selanjutnya, di kawasan Dairi, Sumatera Utara, PT Inalum (Persero) memberikan bantuan berupa peralatan pertanian kepada petani yang berada di bawah tower listrik atau sutet sekaligus modal dana bergulir, pelatihan, dan pengembangan pemasaran mencapai Rp250 juta kepada para pengrajin ulos. Bantuan dana tersebut diharapkan dapat meningkatkan usaha dan mendukung pengembangan warisan budaya lokal Sumatera Utara.
Gandeng NGO, MIND ID Lakukan Aksi Charity di Beberapa WilayahFoto: Dok. PT INALUM


Terakhir, PT Antam Tbk melakukan book charity (pengumpulan buku dari pegawai Antam) untuk dibagikan kepada anak-anak Sekolah Master (Masjid Terminal)--sarana pendidikan alternatif bagi masyarakat duafa dan anak-anak jalanan di Depok, Jawa Barat tanpa dipungut biaya. Antam juga mengadakan acara pengenalan profesi Antam di sekolah-sekolah lain melalui story telling.
Gandeng NGO, MIND ID Lakukan Aksi Charity di Beberapa WilayahFoto: Dok. PT ANTAM
(fef)