Jokowi Kejar Infrastruktur Pendukung 'Bali Baru' Rampung 2020

CNN Indonesia | Minggu, 01/12/2019 13:47 WIB
Jokowi Kejar Infrastruktur Pendukung 'Bali Baru' Rampung 2020 Jokowi menargetkan infrastruktur pendukung lima kawasan 'Bali Baru' rampung 2020. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan sejumlah infrastruktur pendukung lima destinasi wisata unggulan rampung pada 2020. Kelima destinasi itu disebut Jokowi dengan istilah Bali Baru.

"Saya berharap, nanti di akhir tahun 2020, semua infrastruktur -- calender of event, produk ekonomi kreatif, dan cenderamata -- yang akan mendukung destinasi wisata baru ini akan selesai," ujar Jokowi melalui akun Twitter resminya @jokowi, dikutip Minggu (1/12).

Setelah infrastruktur pendukung rampung, pemerintah akan melakukan promosi besar-besar untuk mengenalkan destinasi unggulan tersebut. Selain itu, wisatawan yang datang juga dengan sendirinya juga akan berpromosi.


Dalam cuitan terpisah, kepala negara menyebut lima 'Bali Baru' yang dimaksud adalah Mandalika, Labuan Bajo, Borobudur, Danau Toba. dan Manado.



Pengembangan kelima kawasan wisata itu dikebut pemerintah dalam dua tahun terakhir.

"Segmennya dari yang super premium, medium, untuk ramai-ramai, juga wisata khusus," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Kelima destinasi wisata itu sendiri telah ditetapkan pemerintah sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) setelah mengerucutkan jumlahnya dari 10.

Sebagai upaya pengembangan, pemerintah menyiapkan sejumlah infrastruktur pendukung secara terpadu untuk penataan kawasan, termasuk di dalam perbaikan jalan dan penyediaan air bersih.



(sfr)