Menhub Targetkan Pembangunan MRT Jakarta-Tangsel Mulai 2022

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 18:44 WIB
Menhub Targetkan Pembangunan MRT Jakarta-Tangsel Mulai 2022 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan proyek MRT Jakarta-Tangerang Selatan akan dimulai pada 2022. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pembangunan proyek Moda Raya Terpadu (MRT) hingga Tangerang Selatan akan dimulai pada 2022. Proyek ini ditargetkan rampung pada 2026.

"Mulai paling lambat 2022 selesainya 2026," ujarnya, Selasa (3/12).

Budi menjelaskan hingga saat ini pendanaan masih menjadi kendala.


"Ya sangat mungkin (MRT sampai ke Tangsel). Tapi tinggal pendanaannya saja kan. Kalau yang di Jakarta, kan kita sharing dengan Pemda DKI kan 50:50. Jadi kalau sampai Tangsel ya ada kemungkinan pemerintah pusat," jelasnya.

Dalam proyek pembangunan MRT lanjutan tersebut, Budi akan menggaet Pemda DKI sebagai penyedia dana. Namun, dia tak menutup kemungkinan untuk kerja sama dengan Pemda Tangsel.

"Ya kalau dia ada dana ya boleh. Kalau Pemda DKI kan APBD nya gede," tuturnya.

Pembangunan daerah di sekitar Jakarta memang sudah masuk dalam perencanaan pemerintah. Salah satunya adalah Tangerang Selatan. Budi memaparkan hingga saat ini progres pembangunan MRT lanjutan tersebut sudah sampai tahap proses finalisasi feasibility study.

Setelah itu, akan dilakukan proses pencocokan medan. Budi belum menjelaskan secara detail terkait rute-rute dan titik stasiun yang akan dibangun nantinya.

Rencananya, pembangunan MRT Tangerang Selatan akan diupayakan hingga menghasilkan rute yang dapat disambung dengan rute MRT Jakarta.

[Gambas:Video CNN] (ara/age)