Luhut Yakin Ledakan Monas Takkan Bikin Investor Asing Kabur

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 18:05 WIB
Luhut Yakin Ledakan Monas Takkan Bikin Investor Asing Kabur Menko Luhut yakin ledakan granat asap di Monas, Jakarta, tak akan membuat investor asing kabur. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan cukup percaya diri ledakan di Monas pagi ini tak akan membuat investor asing melarikan dananya dari Indonesia. Menurutnya, iklim investasi di dalam negeri masih positif untuk jangka panjang.

"Tidak ada (pengaruh ke sikap investor)," ucap Luhut, Selasa (3/12).

Ia membandingkan dengan kondisi di Amerika Serikat (AS) yang sering terjadi baku tembak setiap hari. Namun, situasi investasi masih terbilang aman.


"Di AS juga ada tembak tapi tidak ribut. Ini kan di sini (ledakan Monas) tidak ada yang meninggal, hanya ledak-ledak," tegas Luhut.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tak menampik bahwa keamanan di suatu negara akan berdampak pada sikap investor. Hanya saja, ia tak menyebut pasti apakah ledakan Monas akan mengakibatkan investor menarik dananya dari Indonesia atau tidak.

"Tergantung. Semua ketidakamanan pasti berdampak. Semua memberikan dukungan untuk melawan radikalisme. Tidak boleh takut sama terorisme, harus perangi terorisme," papar dia.

Untuk dampak pastinya, Airlangga menyebut masih harus melihat situasi pasca ledakan Monas pagi ini. Hal yang pasti, ia memastikan investor belum akan menarik dananya hari ini.

"Tidak ada (penarikan dana oleh investor)," jelas Airlangga.

Sebelumnya, ledakan terjadi di Monumen Nasional (Monas). Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Suwatno mengonfirmasi ledakan tersebut.

"Iya," kata Suwatno kepada CNNIndonesia.com.

Sementara, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono menyatakan ledakan terjadi pada pukul 07.16 WIB. Sebelum ledakan terjadi, sejumlah personel TNI tengah berolahraga di dalam komplek Monas.

"Di Monas memang banyak TNI yang olah raga," pungkas dia.

[Gambas:Video CNN] (aud/sfr)