BPH Migas Raih Best Government Communication Strategy Award

BPH Migas, CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 18:39 WIB
BPH Migas Raih Best Government Communication Strategy Award BPH Migas mendapatkan penghargaan di CNBC Awards karena dinilai sebagai lembaga pemerintah dengan ketersediaan informasi terlengkap yang mudah diakses. (Dok. BPH Migas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendapatkan penghargaan CNBC Indonesia Award 2019 untuk kategori Best Government Communication Strategy Award.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel kepada Kepala BPH Migas M. Fashurullah Asa dalam malam penganugerahan CNBC Indonesia Award 2019 di Hotel Westin, Rabu (4/12).

Tim Riset CNBC Indonesia memandang bahwa di era digital seperti saat ini pemanfaatan teknologi menjadi elemen krusial bagi pemerintah dalam menyosialisasikan kebijakan yang diambil. Bahkan, efektivitas kebijakan yang diambil oleh pemerintah akan sangat ditentukan oleh penyampaian informasi yang diberikan ke pengusaha dan masyarakat.


"Sebagai lembaga yang mengatur kegiatan usaha hilir migas, BPH Migas memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa proses pengolahan, pengangkutan, penyimpanan, serta perdagangan minyak dan gas diselenggarakan melalui mekanisme persaingan usaha yang wajar, sehat, dan transparan," ujar BPH Migas melalui keterangan tertulis, Kamis (5/12).

Mengingat industri minyak dan gas merupakan elemen yang krusial bagi pembangunan nasional, baik dalam pemenuhan kebutuhan energi dan bahan baku industri di dalam negeri maupun sebagai penghasil devisa negara, peran BPH Migas menjadi sangat penting dan tentunya membutuhkan dukungan dari sistem komunikasi yang baik.

"Sementara itu, berkat komunikasi yang efektif dari BPH Migas, salah satu program prioritas pemerintah yakni 'BBM 1 harga' bisa dieksekusi dengan baik. Per 13 Oktober 2019, telah terdapat 170 SPBU BBM 1 harga yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Itu berarti target yang ditetapkan hingga tahun 2019 sudah tercapai."

Sejauh ini, BPH Migas merupakan lembaga pemerintah dengan ketersediaan informasi terlengkap yang bisa diakses melalui halaman bphmigas.go.id. Situs tersebut menyediakan informasi rinci seperti harga jual BBM dan gas bumi bagi masyarakat umum.

Tak hanya informasi seperti penetapan harga, segala macam aktivitas yang berkaitan dengan fungsi dan tugas dari BPH Migas juga bisa diakses melalui halaman tersebut, seperti rapat antara BPH Migas dengan anggota DPR hingga progres dari Focus Group Discussion (FGD).

Lebih lanjut, berbagai regulasi dan informasi hukum yang perlu diketahui oleh para pengusaha disajikan secara lengkap melalui halaman jdih.bphmigas.go.id. Selain melalui kedua laman tersebut, seluruh informasi yang berkaitan dengan fungsi dan tugas dari BPH Migas bisa diakses melalui media sosial Instagram dan Twitter BPH Migas. (fef)