Aturan Insentif Pajak Investasi Jokowi Diramal Angkat IHSG

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 06:24 WIB
Aturan Insentif Pajak Investasi Jokowi Diramal Angkat IHSG IHSG diramalkan menguat di akhir pekan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melaju di zona hijau pada perdagangan Jumat (6/12). Laju indeks saham akan ditopang rilis Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2019 tentang Fasilitas Pajak Penghasilan untuk Penanaman Modal di Bidang-Bidang Usaha Tertentu.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan kebijakan itu memberikan optimisme kepada investor.

"Kebijakan tersebut guna merangsang pertumbuhan bisnis dalam negeri dan pertumbuhan ekonomi yang lebih mampu bertahan dari gejolak ekonomi global," kata Lanjar dikutip dari risetnya, Jumat (6/12).


Untuk diketahui, pelonggaran pajak diberikan dalam bentuk Tax Allowance atau fasilitas keringanan pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) badan untuk penanaman modal di bidang-bidang usaha tertentu dan/atau di daerah tertentu. Dalam aturan tersebut, pemerintah juga merincikan sektor industri yang bisa mendapatkan fasilitas tax allowance.

Lewat optimisme itu, Lanjar memprediksi IHSG akan bergerak di rentang support 6.144 dan resistance 6.200.

"Secara teknikal kami memperkirakan lanjutan penguatan kembali terjadi pada IHSG," katanya.

Sebaliknya, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan memprediksi IHSG akan mengalami koreksi pada akhir pekan. Secara teknikal, indeks mengindikasikan rentang penguatan terbatas.

"Terdapat potensi koreksi dalam jangka pendek," tuturnya.

Menurut dia, pergerakan IHSG akan dipengaruhi sentimen global, yaitu mendekatnya batas pemberlakuan tarif impor baru dari AS pada produk China pada 15 Desember mendatang. Di lain sisi, dua belah pihak tak kunjung mengantongi kesepakatan dagang.

[Gambas:Video CNN]
"Pemerintah AS-China dikabarkan mulai kembali mendekati kesepakatan dalam negosiasi dagang," ucapnya.

Ia memperkirakan indeks akan bergerak di rentang support 6.121-6.137 dan resistance 6.163-6.173.

IHSG berhasil bergerak perkasa pada perdagangan Kamis(5/12). Indeks ditutup di level 6.152 naik 39,23 poin atau 0,64 persen.

Sementara itu, saham-saham utama Wall Street kompak menguat. Indeks Dow Jones naik 0,10 persen ke posisi 27.677, S&P 500 bertambah 0,15 persen ke level 3.117, dan Nasdaq Composite naik 0,05 persen menjadi 8.570.

(ulf/agt)