Resmikan Tol Kunciran-Serpong, Jokowi Ingin Kerek Daya Saing

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 16:47 WIB
Resmikan Tol Kunciran-Serpong, Jokowi Ingin Kerek Daya Saing Jokowi meresmikan Jalan Tol Kunciran-Serpong pada Jumat (6/12). (CNN Indonesia/ Yuliyanna Fauzi).
Banten, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Tol Kunciran-Serpong yang merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II pada Jumat (6/12).

"Dengan mengucap bismillahirahmanirohim, Tol Kunciran-Serpong saya resmikan," ucap Jokowi saat meresmikan tol di depan Gerbang Tol Parigi, Serpong, Banten.

Kepala negara ingin tol ini membawa dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional, sekalipun ruas tol ini dibangun di kawasan Banten. Sebab, Banten merupakan wilayah penyangga ekonomi DKI Jakarta.


Terlebih, ia juga kerap mendengar keluhan dari berbagai kalangan yang terganggu dengan kemacetan akses dari Banten ke Jakarta. Padahal,kemacetan memberikan kerugian biaya hingga waktu.

"Kawasan industri yang ada di Jakarta dan Banten akan terintegrasi, sehingga kelogistikan dan distribusi akan terjalin dengan baik. Artinya, daya saing akan baik dari sisi investasi dan harga produk," katanya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran ruas tol ini diharapkan bisa menambah opsi akses tol menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. Khususnya, kendaraan yang berasal dari DKI Jakarta bagian Selatan dan Jawa Barat.

"Maret nanti (2020), dia sudah langsung ke bandara (Soekarno Hatta). Jadi dari Kunciran itu bisa langsung ke bandara, tidak perlu ke tengah dulu (Tol Dalam Kota)," tuturnya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menambahkan kehadiran Tol JORR II bisa memecah beban jalan atas kendaraan bermuatan besar yang selama ini cukup membebani Tol Dalam Kota. Asal, seluruh ruas yang tergabung dalam Tol JORR II sudah beroperasi penuh.

Shifting-nya mungkin 30 persen sampai 40 persen keluar, tapi dengan kondisi tarif sekarang ini perkiraan kami antara 10 persen sampai 20 persen (volume kepadatan) bisa terkurang," ungkapnya.

Sebagai informasi, Tol Kunciran-Serpong merupakan bagian dari Tol JORR II bersama beberapa ruas lain, seperti Bandara Soekarno Hatta-Kunciran, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, Depok-Antasari, Cimanggis-Cibitung, dan Cibitung-Rorotan. Namun, beberapa ruas belum selesai masa konstruksi.

Ruas tol ini, memiliki panjang 11,2 kilometer (km) dan terbagi menjadi dua seksi, yakni Kunciran-Parigi dan Parigi-Serpong. Nilai investasinya sebesar Rp2,62 triliun.

Tol ini akan dioperasikan oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN). Perusahaan itu merupakan usaha patungan dari konsorsium pembangun tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Grup Astra.

Perusahaan pelat merah memegang kepemilikan saham sekitar 60 persen. Sementara Grup Astra 40 persen melalui PT Astra Tol Nusantara alias Astra Infra Toll Road.

[Gambas:Video CNN] (uli/sfr)