Dirut PLN Janji Atasi Pemadaman Listrik

CNN Indonesia | Senin, 23/12/2019 21:03 WIB
Dirut PLN Zulkifli Zaini bersama Komut PLN Amien Sunaryadi berjanji mengatasi pemadaman listrik. Dirut PLN Zulkifli Zaini bersama Komut PLN Amien Sunaryadi berjanji mengatasi pemadaman listrik. (FOTO ANTARA/Andika Wahyu).
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini dan Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi menyambangi Kantor Kementerian BUMN. Keduanya menandatangani dan menyerahkan surat keputusan pengangkatan jajaran direksi dan komisaris kepada Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN Tahun 2019 memutuskan mengangkat dan menetapkan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN dan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN, dan Suahasil Nazara sebagai Wakil Komisaris Utama perusahaan pelat merah.

Zulkifli mengaku menyadari harapan besar dari masyarakat terhadap PLN, serta tantangan besar yang menunggu di jabatan barunya tersebut.

"Kami menyadari harapan masyarakat dan tantangan besar PLN dalam jangka pendek maupun panjang, guna memajukan perusahaan listrik nasional secara berkelanjutan dengan sebaik-baiknya," ungkap Zulkifli di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12).

Selain itu, terdapat beberapa catatan penting yang ia paparkan. Salah satunya, adalah untuk mampu mengatasi oemadaman listrik. "Kami harus mampu atasi pemadaman listrik," tegasnya.

Zulkifli juga menyebut jajaran baru akan berupaya untuk menurunkan tarif listrik, sehingga terjangkau bagi masyarakat.

"Tidak ada perusahaan yang mampu melaksanakan mandat kecuali keuangannya baik. Jadi kami direksi maupun komisaris, akan upayakan agar keuangan daripada PLN adalah sehat neracanya, sehat cash flow-nya, sehat keuangannya," ujarnya.

Kemudian, Zulkifli mengatakan bahwa operasional PLN harus berjalan lebih efisien. Menurutnya, kegiatan operasi harus didukung oleh organisasi yang solid serta efisien.

"Sumber daya diharapkan kompeten, saling kerja sama atau bersinergi dan memiliki orientasi untuk melayani," tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan PLN akan lebih manfaaatkan energi baru dan terbarukan, dan membangun kemitraan sehat, fair, dengan ekosistem yang kondusif.

"Sudah tentu kami beri pelayanan dan beri komunikasi dengan stakeholder dengan baik. Kami harap reputasi PLN ke depan lebih baik. Kami harus adopsi teknologi inovasi dan pelayanan dengan baik," imbuhnya.

Terakhir, Zulkifli menjelaskan bahwa dirinya serta jajaran direksi dan komisaris akan bekerja sama dalam menjawab harapan, dan arahan dari Kementerian BUMN.

"Apa yang kami lakukan ke depan, sudah tentu saya dengan tim direksi, dan support dari komisaris untuk bisa lakukan itu semua," pungkasnya.
[Gambas:Video CNN]


(ara/bir)