Pecat 4 Direktur, Kemenhub Minta Garuda Segera Cari Pengganti

CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 08:20 WIB
Kemenhub meminta Garuda Indonesia segera mencari pengganti jajaran direksi yang telah dipecat karena kasus penyelundupan motor Harley. Kemenhub meminta Garuda Indonesia segera mencari pengganti jajaran direksi yang telah diberhentikan karena kasus penyelundupan. (AFP PHOTO / ROMEO GACAD)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. segera mencari pengganti direktur teknik dan layanan serta direktur operasi yang diberhentikan karena kasus penyelundupan.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana Banguningsih Pramesti mengungkap kedua posisi tersebut memegang kunci penerbangan Garuda dan penanggung jawab keselamatan penerbangan.

"Intinya, kalau ada pergantian direktur yang mempertanggung jawabkan safety, operation, maupun teknik harus langsung ditunjuk key person-nya yang sudah punya kemampuan," ujarnya, Senin (9/12).


Namun, Polana optimis dari Kemenhub pun dapat mengantisipasi tingginya traffic, dengan menyiapkan 8,9 juta tempat duduk dengan 495 armada pesawat selama Nataru berlangsung.

Polana pun mengaku aspek keamanan dari Garuda masih terjaga dengan baik.

"Aman, masih aman," kata 
Sebelumnya, Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mencopot empat direksi perusahaan yang berkaitan dengan penyelundupan komponen motor Harley-Davidson.

Empat direksi lain yang dicopot, Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar.

"Dewan Komisaris Garuda Indonesia sesuai ke kewenangan dalam anggaran dasar perusahaan telat menerbitkan surat keputusan dewan komisaris Garuda Indonesia tentang pemberhentian sementara waktu beberapa anggota-anggota direksi Garuda Indonesia," tulis Komisaris Utama Sahala Lumban Gaol dalam keterangan resmi, dikutip Senin (9/12).

Dengan pemberhentian sejumlah direksi, dewan komisaris menunjuk Fuad Rizal yang sebelumnya hanya menjadi direktur keuangan, menjadi pelaksana tugas (Plt) direktur utama Garuda Indonesia.

[Gambas:Video CNN] (ara/age)