Kolaborasi dengan e-Commerce, BRI Dorong Pertumbuhan UMKM

BRI, CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 14:10 WIB
Kolaborasi dengan e-Commerce, BRI Dorong Pertumbuhan UMKM Direktur Digital, Teknologi Informasi, dan Operasi BRI dalam acara Appreciation Night Event BRI Innovation Lab Program, Jakarta, Rabu (11/12). (Foto: CNN Indonesia/ Felicia Facette)
Jakarta, CNN Indonesia -- BRI terus berupaya mendorong kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), salah satunya melalui BRI Innovation Lab Program.

Mengusung tema Business Collaboration in Achieve Financial Integration, kegiatan tersebut sekaligus menjadi wadah bagi para pebisnis startup maupun digital players lainnya untuk menggali potensi bisnis dan melakukan kerja sama yang kolaboratif dan inovatif.

Direktur Digital, Teknologi Informasi, dan Operasi BRI Indra Utoyo mengatakan melalui program tersebut diharapkan mampu menumbuhkan inovasi dan bisa menciptakan network effect yang ke depannya turut mendukung pertumbuhan ekonomi digital tanah air.


"Dengan inisiatif ini, kami sadar bahwa ide-ide hebat itu tak berbatas. Kami menggabungkan potensi yang ada di BRI Grup dan tap in dengan ide-ide dari mitra startup yang inovatif dan kreatif agar bisa tumbuh bersama. Apalagi tahun depan BRI berencana menjadi penyedia integrated financial solution, tentu kita harus mencari cara yang inovasi yang relevan dan kontekstual yang bisa memberikan dampak," ujar Indra dalam acara Appreciation Night Event BRI Innovation Lab Program, Jakarta, Rabu (11/12).

Tak hanya itu, dalam acara tersebut sekaligus memberi apresiasi pada startup rekanan BRI yang turut mendorong UMKM sehingga berhasil mengembangkan pasar menjadi lebih luas.

"Indonesia Mall bersama dengan Tokopedia dan Qoo10 terpilih sebagai The Best Collaboration Program of The Year. Kolaborasi bisnis ketiganya membantu UMKM binaan BRI sehingga mampu memasarkan produk-produknya secara masif, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga sampai ke luar negeri. Ini bisa membantu digitalisasi UMKM dan go online dengan kolaborasi bersama industri e-commerce," ujar Indra.

Diketahui, tercatat lebih dari 2.000 UMKM binaan Bank BRI yang telah terdaftar dan merasakan manfaat dari kehadiran produk BRI yakni platform Indonesia Mall, termasuk menampilkan produk di laman Indonesia Mall di e-commerce rekanan BRI, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blanja.com, Blibli.com, dan Qoo10 Singapura. Atas kolaborasi tersebut, pelaku mengaku mengalami peningkatan pendapatan berkisar 40 persen. (fef)