Tol Jakarta-Cikampek II Gratis Sampai Tahun Baru

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 14:21 WIB
Tol Jakarta-Cikampek II Gratis Sampai Tahun Baru Jalan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek (Japek) II diberlakukan gratis sejak diresmikan hari ini hingga libur natal dan tahun baru. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II akan diberlakukan gratis mulai hari ini hingga libur natal dan tahun baru nanti.

Jalan tol layang sepanjang 38 kilometer (Km) itu diresmikan oleh Jokowi pada hari ini, Kamis (12/12), sehari setelah Basuki meninjau kesiapan dan pemeriksaan lapangan.

"Jalan tol layang Jakarta-Cikampek telah selesai dan ini tadi sudah saya tanya, akan digratiskan sampai nanti tahun baru (2020)," kata Jokowi di jalan tol Jakarta-Cikampek Km 38.


Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan kehadiran tol Japek II elevated dapat mempercepat waktu tempuh kendaraan golongan I.

"Paling tidak golongan I dan golongan kendaraan rendah non bus dapat mempercepat waktu tempuh dari Km 10 sampai Km 48," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Kendati demikian, ia menyarankan pengguna jalan tol layang ini tidak melupakan atawa melewatkan titik tujuan perjalanannya, mengingat tol tidak memiliki pintu keluar sampai sepanjang 38 Km.

Karena tol Japek II elevated diperuntukkan bagi pengendara jarak jauh, seperti Bandung atau kota-kota di Jawa. Ini artinya pengendara yang ingin keluar di Tambun, Cikarang, Karawang Barat, dan Rengasdengklok tidak dimungkinkan.

Sugiyartanto menuturkan pembangunan tol Japek II elevated untuk menambah lajur jalan tol di area ruas tol Cikampek. Sehingga, akan mengurai kemacetan, di samping memangkas waktu tempuk Jakarta-Bandung, termasuk ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani membenarkan Japek II elevated hanya diperuntukkan bagi pengendara jarak jauh. Karenanya, jalan tol layang terbaru tersebut tidak menyediakan tempat peristirahatan (rest area) dan pom bensin.

"Meski demikian, kami tetap menempatkan petugas di jalan tol layang, juga ambulan dan mobil derek, jika ada hal yang tidak diinginkan," tandasnya.
[Gambas:Video CNN] (fra/bir)