Jokowi Sebut Tol Layang Japek Pangkas Kemacetan 30 Persen

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 15:08 WIB
Presiden Jokowi menyatakan operasional Tol Layang Jakarta-Cikampek akan mengurangi kemacetan hingga 30 persen Presiden Jokowi menyebut operasional Tol Layang Jakarta-Cikampek bakal memangkas kemacetan hingga 30 persen. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) diprediksi bisa mengurangi kemacetan lalu lintas sampai 30 persen. Hal itu diungkapkannya saat meresmikan jalan tol sepanjang 36,4 kilometer (km) itu pada hari ini, Kamis (12/11).

"Kami harapkan (Tol Layang Japek) ini bisa mengurai kemacetan. Kemacetan yang sering dirasakan oleh masyarakat selama terjebak berjam-jam ini sekarang bisa dihindari dan kami harapkan kemacetan di jalur ini bisa berkurang 30 persen," kata Jokowi, di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek KM 38, Kamis (12/11).

Jokowi menyatakan ruas Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek ini juga akan digratiskan sampai dengan Liburan Tahun Baru 2020. Sebagai catatan, ruas tol layang tersebut sudah bisa dipakai dalam beberapa hari ke depan.


"Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek telah selesai dan ini tadi sudah saya tanya, akan digratiskan sampai nanti tahun baru (2020)," katanya.

Masyarakat yang hendak menuju ke Bandung maupun wilayah lainnya di timur Pulau Jawa bisa menggunakan ruas tol baru itu mulai pintu Tol Cikunir dan berakhir di Karawang Barat.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek berada tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek eksisting, membentang dari ruas Cikunir hingga Karawang Barat.

Kendaraan tujuan jarak pendek diarahkan untuk melalui Tol Jakarta-Cikampek. Sementara, kendaraan tujuan jarak jauh, terutama golongan I dan II, menggunakan Tol Layang Jakarta-Cikampek.

[Gambas:Video CNN] (fra/sfr)