Arifin Panigoro, dari Bos Medco Hingga Wantimpres

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 16:18 WIB
Arifin Panigoro, dari Bos Medco Hingga Wantimpres Arifin Panigoro resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada Jumat (13/12). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Arifin Panigoro resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024 pada Jumat (13/12). Nama Arifin sudah tak asing di dunia bisnis dan politik Tanah Air. Dia merupakan pendiri dan pemilik Meta Epsi Pribumi Drilling Company atau yang terkenal dengan nama MedcoEnergi.

Medco merupakan perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi milik swasta terbesar di Indonesia.

Pria lulusan Jurusan Teknik Elektro ITB ini memulai karirnya sebagai kontraktor instalasi listrik dan berujung dengan pendirian Medco pada 1980.


Sementara itu, dalam dunia politik Arifin sempat bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada 1999. Dia pun sempat menjadi ketua DPP dan Ketua Fraksi PDIP pada 2002-2003.

Pada 2005, Arifin mundur dari DPR dan PDIP. Dia membentuk partai sendiri bersama rekan-rekannya yakni Partai Demokrasi Pembaruan.

Belum lama ini, Arifin diberikan gelar Bintang Mahaputera Nararya oleh Presiden Jokowi. Penghargaan tersebut diberikan atas jasanya di bidang energi bagi kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran bangsa dan negara.

[Gambas:Video CNN] (age/age)