Jalan Tol Layang Japek II Dibuka untuk Umum Pagi Ini Gratis

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 15/12/2019 08:11 WIB
Jalan Tol Layang Japek II Dibuka untuk Umum Pagi Ini Gratis Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek II). Foto: CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek II) resmi beroperasi pada 15 Desember 2019 sejak pukul 06.00 WIB. Puluhan mobil telah diperbolehkan melewati tol layang tersebut.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero), Dwimawan Heri mengatakan, jalan tol sepanjang 38 kilometer ini dioperasikan tanpa tarif hingga libur Natal dan Tahun Baru.

"Tol akan dioperasikan tanpa dikenakan tarif, agar memberikan kesempatan kepada para pengguna untuk memanfaatkan jalan lain pada saat libur Natal dan Tahun Baru," ujar Dwimawan saat pembukaan di jalan Tol Japek KM 10, Minggu (15/12). Titik ini merupakan salah satu akses untuk memasuki Tol Japek II.

Untuk dapat melewati jalan tol ini, pengguna jalan dari arah Cikampek dapat melalui jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim/Cawang dan masuk melalui akses di KM 10 Tol Japek II.

Sementara pengguna dari arah Tol JORR dari Jatiasih dapat masuk melalui akses Tol JORR KM 45. Pengguna dari arah Rorotan dapat masuk melalui akses Jalan Tol JORR KM 46.

Sedangkan pengguna menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses Jalan Tol Japek KM 48 (bawah) yang nantinya keluar di Simpang Susun Cikunir KM 10 arah Halim/Cawang. Kemudian, pengguna bisa keluar ke Jalan Tol JORR arah Jatiasih dengan membayar tarif di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6, serta keluar ke Jalan Tol JORR arah Rorotan dengan membayar tarif Jalan Tol JORR di GT Cikunir 8.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pengoperasian Tol Japek II diberlakukan secara gratis hingga libur Natal dan Tahun Baru mendatang.

"Jalan tol layang, Jakarta-Cikampek telah selesai dan ini tadi sudah saya tanya, akan digratiskan sampai nanti Tahun Baru [2020]," ujar Jokowi saat pembukaan pada Kamis (12/12) lalu.

Direktur Utama PT Jasa Marga, Desi Arryani mengatakan Tol Japek II hanya diperuntukkan bagi pengendara jarak jauh. Pasalnya, jalan tol tersebut tidak menyediakan tempat peristirahatan (rest area) dan pom bensin.

[Gambas:Video CNN]


(asr/asr)