Jalan Tol Japek II Gratis, Pengemudi Rela Antre Sejak Pagi

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Minggu, 15/12/2019 08:52 WIB
Jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek II) akan diberlakukan gratis mulai hari ini hingga libur natal dan tahun baru nanti. Pengemudi mobil antre di akses masuk tol Japek, Minggu (15/12). (Foto: CNNIndonesia/Jonathan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek II) mulai beroperasi pada 15 Desember 2019 sejak pukul 06.00 WIB. Jalan tol akan diberlakukan gratis mulai hari ini hingga libur natal dan tahun baru nanti.

Masyarakat yang mengetahui jalan tol gratis rela mengantre sejak pagi. Di antaranya pengemudi mobil yang diketahui bernama Jusuf yang hendak menuju Bandung, Jawa Barat.

Jusuf rela menunggu pembukaan tol layang Japek II pada pukul 06.00 WIB. Pria bermukim di Serpong, Tangerang ini mengatakan berangkat dari rumahnya pukul 05.30 agar Ia bisa masuk tol Japek II tepat setelah diresmikan.


Jusuf berharap tol tersebut bisa mempersingkat waktu pengendara yang hendak ke arah Bandung dan sekitarnya.

"Harapannya biar lancar terus karena sebelumnya macet," ucap Jusuf saat pengoperasian perdana tol Japek II, di akses masuk tol Japek, Minggu (15/12).

Pengemudi lain, yaitu Bagus menjadi pengendara yang beruntung bisa merasakan tol baru ini. Bagus mengakui cukup penasaran dengan jalan tol yang dibangun sejak 2017.

"Sering lewat sini [tol Cikampek]. Saya mau ke Bandung. Asal saya Jati Asih. Harapannya agar semakin lancar," ucap Bagus.

Pemerintah memprediksi peresmian tol Japek II bisa mengurangi kemacetan hingga 30 persen. Mayoritas pengemudi memang berharap tol Japek II bisa menjadi solusi kemacetan.

"Biar lancar. Sebelumnya horor macetnya," ujar pengemudi lain, Fachril.

Pantauan CNNIndonesia.com pagi hari ini, masyarakat yang mengemudikan mobil pribadi mulai melewati tol layang Japek II. (jnp/mik)