Tol Palembang-Kayuagung Gratis Selama Mudik Nataru

CNN Indonesia | Rabu, 18/12/2019 10:52 WIB
Tol Palembang-Kayuagung Gratis Selama Mudik Nataru Ilustrasi jalan tol. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Palembang, CNN Indonesia -- Jalan Tol Palembang-Kayuagung, Sumatera Selatan yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera bakal difungsionalkan selama arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Selama difungsionalkan, pengendara yang melintasi tol sepanjang 33,5 kilometer itu tidak akan dipungut biaya alias gratis.

Kepala Proyek Seksi Tol Palembang-Kayu Agung Gunawan Joko mengatakan, progres pengerjaan jalan tol tersebut sudah rampung 100 persen. Pihaknya memastikan fungsional jalan tol selama arus mudik Nataru bisa dilaksanakan.

"Masyarakat bisa lewat tol gratis. Pengerjaam sudah 100 persen, sekarang yang masih dalam progres pemasangan rambu dan lampu lalu lintas. Itu pun sudah hampir rampung semuanya," ujar Gunawan, Selasa (17/12).


Gunawan berujar jalan tol yang menghubungkan Kota Palembang dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tersebut akan difungsionalkan mulai 23 Desember hingga 2 Januari 2020 selama 24 jam penuh per harinya.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan kepolisian terkait fungsional tol tersebut. Dalam rapat yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat tersebut, pihaknya akan menentukan berapa ruas yang akan dibuka untuk digunakan oleh para pengendara.

"Penentuan penggunaan berapa ruasnya belum dipastikan, apakah dipakai seluruhnya atau sebagian. Nanti itu akan ditentukan dalam rapat bersama kepolisian," ujar dia.

Meski telah difungsionalkan, tol Palembang-Kayuagung sebenarnya belum diresmikan. Rencananya, Presiden RI Joko Widodo langsung yang akan meresmikannya.

"Kami masih menunggu informasi dari pihak Istana Kepresidenan kapan jadwal peresmiannya. Secara menyeluruh ini sudah siap, tinggal diresmikan saja," kata dia.

[Gambas:Video CNN] (idz/sfr)