Stafsus dan Tim Ahli Menko Perekonomian Mulai Kerja Awal 2020

CNN Indonesia | Rabu, 25/12/2019 12:33 WIB
Stafsus dan Tim Ahli Menko Perekonomian Mulai Kerja Awal 2020 Ngakan Timur Antara, calon Tim Ahli Menko Perekonomian, menyebut akan bekerja pada awal 2020 di bawah Menteri Airlangga Hartarto. (CNN Indonesia/Aria Ananda).
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Tim Ahli Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Ngakan Timur Antara, mengaku mulai bekerja pada awal tahun depan. Nantinya, tim ahli termasuk ia, akan membantu dan memberikan masukan kepada menteri.

"Tahun depan. Mulai (bekerja) awal tahun," kata Ngakan saat ditemui di Jakarta, Selasa (24/12).

Kendati demikian, Ngakan mengaku belum bisa merinci secara jelas pembagian tugasnya nanti. Ia hanya menyebut bahwa seluruh tim ahli lainnya akan membantu dan saling bekerja sama sebagai tim untuk mengatasi persoalan ekonomi yang amat beragam.

"Yang pasti tugasnya membantu pak menteri. Karena pak menteri dengan cakupan yang begitu luas, beliau butuh tim yang bisa mendukung juga, karena tugas menko kan sangat berat. Apalagi, dengan perkembangan ekonomi kita yang maju, ada lompatan," ucapnya.

Ngakan mengisyaratkan kemungkinan menangani sektor perindustrian. "Bisa iya (bekerja di bidang industri). Mungkin plus yang lainnya, sesuai degan kebutuhan, nanti pak menko saja," ujarnya.

Selanjutnya, Ngakan menegaskan bahwa dirinya akan bekerja dengan kapasitas sebagai tim ahli, bukan sebagai pejabat Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kapasitas bukan sebagai pejabat PNS (Pegawai Negeri Sipil). Bisa saja sebagai PNS tapi bukan pejabat PNS. Karena pejabat PNS berat juga, yang jelas in-line semua pekerjaan," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut merekrut sejumlah orang untuk membantu dirinya dalam membuat kebijakan di bidang perekonomian.

Terdapat 15 orang yang membantu Airlangga dalam tim yang berbeda. Pertama, Tim Asistensi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yaitu Raden Pardede, Lin Che Wei, Dimas Oky Nugroho, dan Taufik Mappaenre Maroef.

Kedua, Tim Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yaitu Shinta Widjaja Kamdani, Franky Sibarani, Sanny Iskandar, Jonathan Thahir, Ngakan Timur Antara, dan Edy Putra Irawady. Ketiga, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yakni Umar Juoro, I Gusti Putu Suryawirawan, Reza Yamora Siregar, dan Mohamad Jusuf Hamka.
[Gambas:Video CNN]


(ara/bir)