BPH Migas Minta Pertamina Jaga Stok BBM PLTMG Maumere

BPH Migas, CNN Indonesia | Rabu, 25/12/2019 13:45 WIB
BPH Migas Minta Pertamina Jaga Stok BBM PLTMG Maumere Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa melakukan inspeksi bersama stok BBM ke Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Maumere. (Foto: BPH Migas)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa selaku Ketua Posko Nasional Sektor ESDM melakukan inspeksi bersama stok BBM ke Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Maumere.

Inspeksi itu dilakukan pada Selasa (24/12), bersama dengan perwakilan PT Pertamina (Persero). Kunjungan ke PLTMG itu diterima oleh Manajer Unit Pelaksana Pembangkitan Flores, Lambok Siregar. Lambok mengatakan PLTMG Maumere merupakan Pembangkit listrik dengan kapasitas 4x10MW yang dapat menggunakan dua sumber bahan bakar yaitu solar dan gas.

"Tetapi dikarenakan storage LNG dan regas-nya belum tersedia maka sementara ini menggunakan sumber bahan bakar berupa solar," kata Lambok dalam keterangannya.



Kurangnya sistem kelistrikan di Flores sendiri karena sistem transmisi yang belum terhubung seluruhnya. Hal itu, kata dia, menyebabkan PLTMG belum dapat beroperasi secara optimal dengan kapasitas terpasang.

Saat ini pembangkit tersebut haya beroperasi sebesar 15MW pada beban puncaknya dengan konsumsi BBM sebesar 54 ton per hari. Terkait hal itu, Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa menyatakan agar PT Pertamina dalam hal ini TBBM Maumere dapat menjaga ketersediaan pasokan.

Kepala TBBM Maumere menyampaikan bahwa terkait dengan ketersediaan stok BBM tetap akan dijaga terutama untuk pasokan PLTMG Maumere. (asa)