Duit Hilang Rp140 T, Jeff Bezos Masih Orang Terkaya Dunia

CNN Indonesia | Kamis, 02/01/2020 18:07 WIB
Duit Hilang Rp140 T, Jeff Bezos Masih Orang Terkaya Dunia Jeff Bezos, pendiri Amazon, kehilangan Rp140 triliun di sepanjang tahun lalu, namun masih menjadi orang terkaya di dunia. (AFP/Mandel Ngan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendiri Amazon, Jeff Bezos, masih tercatat menjadi orang terkaya di dunia. Walaupun, selama setahun lalu kekayaannya hilang hingga uS$10 miliar atau Rp140 triliun (setara Rp14 ribu per dolar AS).

Mengutip CNN.com, Kamis (2/1), Bezos menduduki posisi teratas dengan kekayaan bersih mencapai US$115 miliar atau Rp1.610 triliun. Bezos menjadi satu dari tiga orang kaya di dunia yang memiliki kekayaan di atas US$100 miliar.

Dua orang kaya lainnya, yaitu pendiri Microsoft, Bill Gates, dan pengusaha asal Prancis Bernard Arnault. Di antara keduanya, kantong Bezos paling gemuk dibandingkan Gates yang kekayaannya di kisaran US$113 miliar atau Rp1.582 triliun.

Sebelumnya, Bezos diramalkan turun takhta dari orang kaya nomor wahid di dunia usai bercerai dan berbagi harta gono gini dengan mantan istrinya, Mackenzie Bezos. Sebab, sang mantan istri mendapatkan 25 persen atau seperempat dari saham Amazon.

Bahkan, pembagian harta gono gini Bezos kepada sang mantan mengantar Mackenzie masuk dalam deretan orang kaya baru di dunia. Mackenzie tercatat menjadi orang kaya nomor 25 di dunia usai mengantongi US$37 miliar atau Rp518 triliun dari perceraiannya.

Sebelumnya, Bezos juga sempat membuat Gates kembali menjadi orang terkaya di dunia setelah laba Amazon rontok 28 persen dari tahun sebelumnya. Sementara, saham Microsoft melonjak 48 persen. Sayangnya, periode tersebut hanya seumur jagung. Bezos berhasil merangkak naik dan kembali menggulingkan Gates dari puncak.

Setelah Bezos, Gates, dan Arnault, deretan orang kaya dunia diisi oleh Warren Buffet dan Mark Zuckerberg di posisi ke-4 dan ke-5, dengan kekayaan masing-masing mencapai US$82,5 miliar dan US$62,3 miliar.

Julia Flesher Koch, janda pengusaha David Koch, menjadi satu-satunya wanita dalam daftar 10 orang terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai US$62 miliar.
[Gambas:Video CNN]


(bir)