Daftar Wilayah Pemadaman Listrik di Jabodetabek Akibat Banjir

CNN Indonesia | Jumat, 03/01/2020 09:15 WIB
Daftar Wilayah Pemadaman Listrik di Jabodetabek Akibat Banjir PLN masih memadamkan listrik di sejumlah wilayah di Jabodetabek yang terdampak banjir. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT PLN (Persero) menyatakan sampai dengan Jumat (3/1) ini masih ada 876 gardu distribusi listrik yang mereka padamkan akibat banjir yang melanda Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Jumlah tersebut mencapai 15 persen dari total gardu induk sebanyak 5.740 gardu yang terdampak banjir di Jabodetabek.

"Sebanyak 4.864 atau 85 persen gardu lainnya sudah dinyalakan," kata Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta, Jumat (3/1).


Ia menjelaskan dengan kebijakan tersebut sejumlah daerah di Jabodetabek masih mengalami pemadaman. Wilayah tersebut antara lain, Cengkareng, Bandengan, Kebun Jeruk, Jasinga, Nanggung, Cibitung, Wanasari.

Sementara itu untuk di wilayah Banten, Made mengatakan banjir telah mengakibatkan 598 gardu distribusi listrik terdampak. Tapi, sampai dengan saat ini, 480 di antaranya  sudah dinyalakan dan 118  lainnya masih dipadamkan.

Ia menyatakan belum bisa menyalakan semua gardu listrik. Pasalnya, untuk menyalakan, PLN perlu memastikan bahwa gardu, jaringan dan isntalasi pelanggan aman.

Untuk memastikan keamanan tersebut, PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir.

"PLN akan menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman," katanya.

[Gambas:Video CNN] (agt/agt)